Friday, October 17, 2008

Merenungi Tentang Kepemimpinan?

Banyak buku yang telah aku baca dan pendapat orang mengenai kepemimpinan dan pemimpin. Dari begitu banyak teori, dan interaksi dalam dunia nyata. Akhirnya aku mengerti betapa kepemimpinan itu punya pengaruh yang besar.

Hadirnya satu orang ternyata bisa membawa banyak perbedaan. Namun seseorang itu bukanlah harus seseorang yang mempunyai jabatan formal atau titel tertentu. Orang itu mungkin saja hanya seorang bawahan, atau seorang biasa saja. Namun diam-diam dia punya pengaruh yang sangat besar di lingkungannya, di komunitasnya.

Apa yang dikatakannya selalu dipercaya oleh orang-orang sekitar. Sikapnya selalu menginspirasi karena dia bukan hanya bisa dihormati, namun sangat bisa menghargai dan mendengarkan orang lain.

Yayaya, aku melihat begitu banyak orang memegang jabatan, namun apa gunanya kalo dia tidak mendapatkan penghargaan dan pengakuan dari anak buahnya. Memang tak mudah menjadi seorang pemimpin. Mereka harus punya kepekaan, kebijaksanaan, kemampuan berkomunikasi yang baik dan lainnya agar orang akhirnya mengakui bahwa Ia memang layak dianggap sebagai seorang pemimpin sejati...


Jakarta, 171008
My Reflection Time...

No comments: