Wednesday, November 12, 2008

Musashi: Perjalanan Spiritual Seorang Samurai...

Sebenarnya sudah selesai membaca buku ini beberapa minggu yang lalu, tapi belum sempat menulis, dan sangat sayang ajah kalo tidak berbagi betapa indah dan mendalamnya buku ini. Ini mungkin salah satu buku terpanjang yang pernah aku baca, karena terdiri tak kurang dari 1200 halaman. Fiuhhhh bayangkan stamina yang dibutuhkan.

Sebenarnya buku ini bergerak sangat lambat di awal, jadi agak membosankan khas gaya para penulis Jepang, yang prolog ceritanya sangat bertele-tele. Tapi jelas buku ini memang sangat indah dan penuh perenungan, sehingga tidak heran buku ini menjadi buku klasik yang selalu menarik perhatian dari generasi ke generasi.

Berkisah tentang Musashi, seorang Samurai muda yang meledak-ledak dengan kemampuan yang membahayakan, lalu jalannya berubah ketika bertemu dengan seorang Biksu Zen eksentrik yang kemudian membawanya pada sebuah pencerahan.

Musashi yang meledak-ledak melalui berbagai macam cobaan, dan tantangan mentransformasi menjadi seorang Samurai sejati, yang anggun, tenang, dan penuh perhitungan. Dia mampu mengendalikan dirinya, untuk menggunakan kekuatannya untuk menjaga perdamaian....

Kisah yang sangat menarik, karena kita dibawa ke Jepang di era Shogun, dimana terjadi perebutan pengaruh antar-penguasa. Disini juga kita bisa mengintip sistem nilai masyarakat Jepang, yang masih dianut hingga saat ini.

Makanya tak heran, saat Jepang mulai menggeliat sebagai eknomi baru dunia. Para pebisnis di Amerika Serikat merasa perlu membaca buku ini, untuk memahami partner mereka dari Jepang.

Buku yang sangat direkomendasikan dibaca, walaupun harus bersusah payah membaca ribuan halaman.


Jakarta, 121108
On Evening...

2 comments:

Retty N. Hakim said...

Uah...bacaan favorit aku nih...tapi lupa bacanya tahun berapa...sebelum 90an kayaknya...he..he.he..ketahuan tuanya...

tuhu said...

Heheheh, iyahhh buku ini sepertinya emang melegenda bangetttt. Ampe sekarang masih lariss manisss