Tuesday, January 25, 2005

Nyai Ronggeng

Aku ini hanyalah penari tua
Otot-ototku telah mengendor
Goyanganku tak lagi menggairahkan
Rambut hitamku telah memudar

Zaman kejayaanku di atas panggung
Hanya sebatas impian semusim kemarin
Pipiku telah peot dimakan waktu
Tak ada lagi tepuk tangan itu
Tak ada lagi penonton berjoget ria

Aku hanya mampu bersenandung
Di tengah gubuk reot setua diriku
Sisa masa kejayaan yang sirna
Sesekali ku masih menari
Hanya sekedar menghibur diri

Yang lebih menyedihkan, aku mandul
Telah tenggelam generasi penerus
Mereka lebih menyukai disco atau dansa
Berjoget-joget ala free style katanya
Yang ndak tahu apa maksudnya

Aku hanya pantas terpinggirkan
Dalam gubuk-gubuk senja dahulu kala
Tak akan ada lagi sedikit ruang pun
Buat aku dan gemulai tarianku

jatinangor, 190105

No comments: