Tuesday, January 25, 2005

Tidak fokus atau multi talenta?

Beberapa orang teman bertanya, mengapa aku belum juga dapat kerja? Dan semua orang pasti tak akan percaya. Ada yang bilang, mungkin aku terlalu pemilih. Tapi aku membela tidak juga, toh aku sudah melamar lebih dari sekedar puluhan, mungkin sudah mencapai angka ratusan. Lalu kemudian ujung-ujungnya adalah "kamu enggak fokus sih". Itu adalah komentar yang biasa muncul berikutnya.
Oke saja bagi mereka yang berpikir seperti itu. Tak ada yang salah dengan itu. Tapi aku tetap tak percaya dengan kata-kata itu. Mengapa? Coba tanyakan komentar mereka tentang Dewi Lestari, yang penyanyi sekaligus penulis, atau leonardo da Vinci atau siapa lagi yang berhasil pada banyak bidang. Komentarnya pastilah, mereka memang orang yang multi talenta.
Terus apa bedanya antara aku dan mereka? Tentu saja berbeda, soalnya mereka telah berhasil membutikan dan membukukan prestasinya. Sementara aku masih dalam proses, masih memperjuangkan apa yang aku yakini. Belum bisa memberikan bukti konkret. yang jelas, kalau aku merasa yakin aku bisa. Kenapa tidak dilakukan? Toh Tuhan memang menciptakan manusia berbeda-beda. Ada yang dilahirkan dengan satu bakat, dan ada yang diberi banyak talenta.
Lalu kalau memang ada banyak talenta, mengapa tidak semuanya dikembangkan? Bukankah itu salah satu bagian dari cara mensyukuri pemberian Tuhan. Itulah yang selalu aku pikirkan.
Mendengar kata orang lain memang tak pernah salah. Namun yang mengetahui diri kita secara pasti hanyalah diri kita sendiri. Terkadang terlalu banyak mendengar perkataanorang lain, membuat kita tak akan menjadi maju. Seandainya dulu aku terima kata orang aku bodoh, maka aku tak akan mendapatkan semua yang aku punya sekarang.
So, buat semua orang yang merasa sama dengan aku mungkin. Yakinlah suatu saat para komentator itu akan berubah pikiran, saat kita telah sukses. Jadi teruslah berjuang untuk membuktikan. Mungkin untuk tahun depan, dua tahun lagi, lima tahun lagi, atau bahkan harus menunggu sepuluh tahun lagi. Semuanya memang butuh kesabaran luar biasa. Tak ada yang gratis di dunia ini. Pebedaan antara tak fokus dan multi talenta hanyalah setipis kulit bawang, dan hanya masalah waktu.....

1 comment:

glhbstrd said...

Tuhu! gimana? udah mau diganti layoutnya belum? situs elo udah gue link di blog gue! mari menulis! oke? kita bikin anak2 pada ngeblog juga! budaya menulis yang menyenangkan!