Friday, December 14, 2007

Kiat Bertahan Di Jakarta...

Gak terasa ternyata hampir genap setahun aku tinggal di Jakarta. Sebagai seorang perantau dari kampung. Ada banyak pelajaran tentang gimana bertahan hidup di tengah kota yang banyak diimpikan, sekaligus mengerikan, bagi banyak orang.

Di sini aku hanya ingin berbagi pengalaman, gimana sih bertahan dan beradaptasi dengan Jakarta... Mungkin ini berguna juga buat teman-teman lainnya yang "terpaksa" meninggalkan zona nyaman di daerah untuk ke Jakarta dengan berbagai alasan.

Pertama, Jakarta menawarkan banyak peluang maka pinter-pinterlah untuk memanfaatkan peluang yang ada.

Kedua, jadilah orang yang proaktif. Jakarta tidak akan menerima orang-orang yang pasif, serba menunggu. Apabila hanya menunggu maka Anda akan segera tergilas oleh yang lain. Ini adalah negeri penuh kompetisi, maka bersiaplah masuk dalam arena kompetisi.

Ketiga, selalu berpikir positif. Jakarta penuh dengan problematika, sebagaimana kota besar lainnya. Dibutuhkan pemikiran positif, biar kita tidak terjebak dalam stres yang berlebihan, dan melebih-lebihkan suatu hal.

Keempat, perbanyak teman. Karena di Jakarta yang super sibuk teman sangat diperlukan untuk sekedar berbagi dan curhat, menangkap peluang baru, karir yang lebih baik dll. Teman yang banyak gak akan pernah merugikan.

Kelima, mesti berpikiran terbuka. Jakarta adalah masyarakat majemuk dengan berbagai macam latar belakang. Oleh karena itu sistem nilai yang dianut juga sangat beragam. Oleh karena itu, jangan kaget bila ada hal-hal yang mungkin sangat bertentangan dengan sistem nilai yang kita anut. Maka seandainya ada hal-hal yang bertentangan dengan apa yang kita anut, ya kelapangan dada untuk menerima orang lain apa adanya adalah sebuah keharusan.

Keenam, kemauan untuk belajar dan mencoba hal baru. Jakarta selalu berubah setiap saat, bila kita hanya terdiam, maka akan tertinggal oleh perubahan yang terjadi, dan pada akhirnya akan tersingkir. Makanya untuk bertahan dan menang dalam kompetisi di Jakarta, kita harus terus belajar dan belajar...

Hmmm kayaknya itu deh ya, pengalaman yang bisa dibagi setelah setahun bertualang di rimba Jakarta...


Jakarta, 141207
Sedang Ingin Berbagi..

No comments: