Friday, December 07, 2007

Kemajuan Teknologi dan Perubahan Perilaku...

Beberapa hari yang lalu, aku menerima forward sms dari seorang teman. Isi sms-nya adalah undangan pernikahan teman semasa kuliah di MM UGM. Lalu aku berpikir, betapa hebatnya teknologi sehingga mengubah perilaku manusia, dan menerobos kebiasaan dan tata krama lama yang telah terbentuk.

Bagi orang-orang segenerasi denganku, hal ini mungkin biasa saja. Undangan pernikahan yang hanya dikirim via sms, dan bukan dari Sang Pemilik Hajat pula. Coba bayangkan bila sms ini dikirim ke generasi Bapakku, atau gak usah terlalu jauh, misalnya generasi yang 10 tahun lebih tua dari aku?

Aku sangat yakin, mereka akan marah-marah, dan gak akan datang. Bagi generasi mereka, undangan itu harus bersifat formal, harus ada undangan resmi dalam bentuk cetakan. Atau mungkin kalau dia golongan terhormat, orang tersebut diminta langsung oleh Sang Pengundang dengan berkunjung atau "sowan" dalam istilah bahasa Jawa. Golongan ini mana mau datang, bila tidak ada undangan yang benar-benar personal ditujukan ke mereka.

Ini sangat berbeda dengan generasi baru yang lebih mengutamakan kepraktisan, dan melek teknologi. Undangan pernikahan tidak perlu dikirim dalam bentuk fisik. Penyebaran undangan melalui mailing list, sms, bahkan seperti yang aku terima via forward sms dari sesama teman, itu juga bukan masalah.

Tipa generasi memang berbeda. Dan sangat menarik melihat perubahan perilaku konsumen dari waktu ke waktu. Selamat datang di era kepraktisan dan candu teknologi.


Jakarta, 071207
Menulis Pagi-Pagi...

No comments: