Friday, February 04, 2005

About My Name....

Dahulu saat masih kecil. Aku merasa benci dengan namaku. Soalnya terdengar aneh, dan sering dipelesetkan menjadi tahu. Jadilah aku bahan ejekan teman-temanku, jadilah aku sering kesal karenanya. Pulang dengan wajah cemberut. Lalu bertanya mengapa namaku mesti Tuhu?
Seiring dengan perjalanan waktu, aku menyadari bahwa aset terbesar aku justru pada nama. Tak ada lagi kemarahan pada orang tuaku yang memberi nama Tuhu. Yang ada sekarang justru kekaguman, karena namaku tak ada duanya di dunia.
Mengapa aku berubah? Ini hanya masalah cara pandang. Mengkonversi cara pandang negatif menjadi positif. Ternyata dengan namaku yang unik, orang jadi lebih mudah untuk mengingatku. Paling tidak menurut teori marketing namaku telah memberi efek kejut, dan menggairahkan keingintahuan pada diri orang lain.
Kedua namaku yang unik dari sononya, menyebabkan aku tak perlu menciptakan nama alias supaya terlihat lebih personal, dan tak pasaran. Oh betapa jenius orang tuaku yang telah memberi nama padaku.
Ketiga dengan nama yang hanya satu-satunya yang pernah ditemukan. Orang tak akan pernah melanjutkan pertanyaan Tuhu yang mana? Paling tidak aku telah memiliki diferensiasi yang berbeda. Bukankah begitu? Kalaupun ada pertanyaan lanjutan adalah, Kamu orang mana? atau Apa arti namamu? Ini justru menunjukkan kegairahan dan ketertarikan orang lain padaku.
Terakhir, tampaknya orang tuaku memang telah mengantisipasi bahwa anak yang terlahir ini, mempunyai kepribadian yang unik. Penuh dengan paradoks dan hal-hal yang mungkin tak terbayangkan sebelumnya, "kok ada yang orang seperti ini?" Setidaknya begitulah komentar beberapa orang tentang aku. Ini berarti ada konsistensi antara tampilan luar dan aura dari dalam. Apa yang dijanjikan paling tidak sesuai kenyataan.

No comments: