Thursday, May 04, 2006

Mahasiswa yang Kanak-Kanak

Beberapa waktu yang lalu, aku sangat sedih dengan aksi para mahasiswa yanbertindak sangat picik. Mahasiswa melakukan sweeping kepada orang asing. Dan ini ternyata terjadi di berbagai daerah. Sebut saja di Yogya beberapa oknum mahasiswa merazia warga Australia, karenakan kasus suaka warga Papua. Mahasiswa di Makassar tampaknya juga tidak mau kalah,mereka melakukan razia terhadap orang asal Italia. Karena media Italia memuat kartun Nabi Muhammad.

Apa yang terjadi dengan bangsa ini??? Tidakkah lelah tiap hari dengan kekerasan yang sudah terjadi??? Apalagi ini dilakukan oleh mahasiswa, yang katanya kaum intelektual. Kaum intelektual bukankah dicirikan dengan pemikirannya yang lebih matang, dan berpikir panjang??? Mengapa harus mahasiswa???

Apakah di negeri ini semua orang telah begitu emosional, sehingga tak ada lagi yang bisa berpikiran jernih??? Apakah pernah mereka bayangkan apa jadinya dengan teman-teman mereka yang sedang belajar di Australia bila diperlakukan serupa. Sementara jumlah mahasiswa itu tidaklah sedikit.

Atau jangan-jangan ini juga cerminan dari kegagalan sistem pendidikan kita??? Pembelajaran di kampus tidak mampu membangun karakter penghuninya untuk berpikir dengan lebih rasional.

Sistem pendidikan yang hanya bermotif mencari gelar, gengsi naik, dan dapat pekerjaan yang bagus. Hanya sepragmatis itukah??? Sehingga walaupun mereka nantinya bergelar sarjana pun, tak akan ada bedanya dengan masyarakat kebanyakan.

Tak ada jejak kemampuan menganalisis suatu masalah. Tidak ada cara berpikir yang sistematis. Apalagi menyelesaikan masalah dengan cara yang lebih elegan, sepertinya itu memang hanya mimpi.

Ohhh betapa aku merasa sangat sedih, mengapa bangsa inibegitu bengis??? Apakah semua harus diselesaikan dengan kekerasan. Kekerasan tak akan pernah berhenti bila tidak ada yang berani memutusnya. Maka mulailah dari diri kita masing-masing, menjadi rantai pemutus kekerasan. Ini memang langkah kecil, dan sangat tidak heroik dibanding mereka yang berteriak gagah berani akan merazia manusia tak berdosa... tapi ini lebih bermanfaat untuk membawa bangsa kita selangkah lebih maju.


Yogyakarta, 040506

No comments: