Tuesday, April 10, 2007

Q&A, Dan Realitas India...

Semalam aku baru saja selesai membaca buku "Q&A". Buku ini ditulis oleh seorang mantan diplomat India. It's very recommended book. Karena ada banyak hal menarik yang bisa direnungkan dari novel ini.

Pertama, novel ini mengambil latar India. Hmmm kayaknya jarang sekali penerbit Indonesia menterjemahkan karya sastra dari negeri ini. Dari buku ini, aku jadi tahu sisi gelap India. India yang penuh dengan perkampungan kumuh. Bahkan di Mumbai terdapat perkampungan kumuh terbesar di dunia.

Kedua, penulisnya menggambarkan realitas sosial kelas menengah bawah India dengan sangat detil. Segala permasalahan yang mereka hadapi, dan bagaimana mereka bertahan di tengah kepapaan ini...

Sang Pengarang juga mengangkat banyak sisi kehidupan. Dia mempertontonkan kehidupan artis kenamaan yang mengalami post power syndrom, dan mengakhiri hidupnya dengan begitu tragis.

Hal yang paling menarik dari cerita ini, adalah akhir ceritanya yang sangat mengejutkan. Aku pikir akhirnya akan seperti halnya para penulis Asia lainnya. Ternyata memang diakhiri dengan sesuatu yang tak terduga.

Pengalamannya sebagai diplomat, dan mungkin juga pendidikan Barat yang dienyamnya, telah mengantarkan suatu akhir cerita yang bernuansa rasional. Walaupun di awal, ceritanya begitu kental dengan nuansa mistik ala Asia...

Jakarta, 100407
Malam hari, Lembur Tapi Teteup Pengin Nulis...

No comments: