Tuesday, April 17, 2007

Thx God I Have Lot of Connectors...


Aku baru aja selesai baca buku "Tipping Point". Lumayan basi seh, secara bukunya udah lama terbitnya, tapi kembali meledak setelah penulisnya menulis "Blink". Aku juga baca buku ini gara-gara diwajibkan ama Bos. Soalnya buku ini penting banget...

Ternyata emang gak salah... Satu hal yang paling menarik menurut aku adalah "hukum tentang yang sedikit". Jadi menurut penulisnya, berbagai tren sosial itu disebarkan oleh hanya segelintir orang di masyarakat yang mempunyai akses ke berbagai pihak, punya banyak teman, dan gemar bersosialisasi.

Merekalah yang akan menentukan sesuatu produk menjadi laris atau tidak, gaya tertentu akan menjadi tren atau tidak. Segelintir manusia ini, dikelompokkan menjadi tiga, konektor, mavens, dan sales.

Konektor adalah orang-orang yang mempunyai banyak kenalan. Mereka-mereka akan menghubungkan kita dengan banyak orang. Mereka banyak berjasa dalam kehidupan sosial kita. Mavens, didefinisikan sebagai orang-orang bijak, yang mengetahui banyak hal. Apa yang mereka katakan, dan rekomendasikan akan diikuti dan dipercaya oleh orang lain. Dan yang terakhir, sales, adalah orang yang pandai meyakinkan orang lain. Mereka bisa menjelaskans esuatu dengan kata-kata yang lebih baik, sehingga orang lain akan terbujuk dengan apa yang dikatakannya.

Setelah aku pikir-pikir, kayaknya dalam hidupku banyak banget aku mempunyai teman, konektor dan maven, yang hanya segelintir itu. Ketika kita mempunyai banyak teman orang tipikal ini. Maka hidup kita menjadi lebih mudah. Karena mereka akan mempertemukan kita dengan orang-orang penting, menghubungkan kita dengan pekerjaan impian, dan banyak lagi deh.

Aku sendiri sudah ngerasain manfaatnya. Buktinya aku dapet pekerjaanku, berkat jasa seorang teman.

Thank you all my friends... You are great.. You make mylife easier...

Jakarta, 170407
Sore-sore..., akhirnya sempet nulis...

No comments: