Tuesday, September 23, 2008

Kemana Online Marketing Communication Akan Melangkah???

Perilaku konsumen di dunia online berubah sangat cepat. Hal ini salah satunya didorong oleh perkembangan teknologi yang sangat luar biasa. Konsumen selalu digoda dengan teknologi baru, yang menawarkan sesuatu yang lebih canggih. Walaupun ada banyak hal baru yang bermunculan, tapi hanya beberapa hal yang kemudian bisa bertahan dan menjadi tren. Biasanya yang bisa bertahan adalah sesuatu yang menawarkan hal-hal yang baru, sehingga mampu menggoda konsumen untuk kemudian berpindah.

Lalu apa kira-kira yang akan menjadi tren terutama di tahun 2009. Hal ini perlu diketahui oleh para praktisi marketing communication, karena disanalah konsumen akan berkumpul, berdiskusi dan berbagi tentang produk Anda.

Ada beberapa hal yang saya perkirakan akan naik daun dan eksis untuk tahun depan:


1. Blog

Blog akan masih menjadi primadona, seperti halnya tahun ini dimana tren blogging menggema dimana-mana, dan banyak perusahaan yang telah berusaha melakukan pendekatan kepada mereka. Tren blog masih akan menguat alasannya karena komunitas ini semakin erat, di berbagai daerah terdapat komunitas Blogger yang sangat aktif. Misalnya, Batagor di Bandung, Anging Mamiri di Makassar, Angkringan di Yogyakarta, Tugu Pahlawan di Surabaya, Wong Kito di Palembang dan masih banyak lagi.

Kedua eksistensi Pesta Blogger yang tahun ini akan memasuki tahun kedua , dan dilakukan dalam bentuk road show beberapa kota akan membuat komunitas ini semakin kuat.

2. Facebook
Ke depan Facebook akan berjaya mengalahkan Friendster. Mungkin saat ini masih banyak yang enggan bermigrasi dari Friendster ke Facebook, tapi dalam beberapa bulan ke depan akan semakin banyak orang yang akan beralih ke Facebook. Karena Facebook menyediakan fitur-fitur yang jauh lebih menarik dibandingkan Friendster.

Facebook sepertinya berusaha menjadi tempat yang mengakomodasi segala keinginan, mau menulis blog, chatting, main games, mengirim undangan, bahkan samapi kampanye sosial bisa dilakukan di Facebook. Inilah yang menyebabkan perkembangan Facebook begitu cepat.

3. Plurk
Plurk adalah sejenis twitter. Tepat dimana Anda dapat melakukan microblogging. Jadi disini Anda bisa posting maksimal 140 karakter yang ibarat ber-sms ria, tapi bisa dibaca oleh semua orang, dan bisa berdiskusi di sini.
Anehnya, tidak seperti Twitter yang disambut adem ayem saja, Plurk disambut dengan lebih baik oleh konsumen Indonesia. Walaupun saat ini di Indonesia juga baru menjadi tren di kalangan early adopter, tapi saya yakin ke depan akan mewabah di Indonesia.

Apa yang membedakan Plurk dibanding Twitter, adalah sistem Karma yang membuat konsumen berlomba meraih karma setinggi-tingginya. Bayangkan orang Indonesia, yang selalu tidak mau kalah dengan temannya, maka berusaha gimana caranya karmanya makin tinggi.

Kedua, microblogging itu lebih mudah. Anda tak perlu menulis panjang-panjang. Cukup menulis singkat saja, maka akan langsung penuh dengan komentar. Ingat tabiat orang Indonesia yang gemar ngobrol dan ngumpul-ngumpul. Sejauh ini yang saya tahu Kecap Bango telah memanfaatkanPlurk untuk berinteraksi dengan konsumen. Di Plurk Anda silahkan mencari nickname Bango Mania.

Kira-kira begitu perkiraan mengenai tren ke depan. Ada lagi yang belum tercantum, dan mungkin akan menjadi tren besar di tahun depan?


Jakarta, 230908
Pada Suatu Pagi...

1 comment:

Artika sari said...

sepertinya..
internet mampu menjanjikan banyak hal, friendster, facebook, hi5,dsb pun sekarang sudah dijadikan banyak media MLM sebagai wadah berniaga. dari berniaga barang maupun jasa, mulai dari berniaga "Jasa" ataupun jasa betulan.