Friday, September 26, 2008

Social Marketing Campaign untuk Visit Indonesia Year 2008

Saya tidak tahu apakah istilah social marketing campaign ini tepat atau tidak. Saya hanya menggunakan istilah saya sendiri, untuk sebuah program sosial yang dilakukan untuk menngkampanyekan Indonesia.

Jadi ceritanya di Rotaract(Rotary in Action)Club Semanggi Jakarta, kita membuat sebuah program International Service yang berbeda dari sebelumnya, yang biasa dilakukan. Mengingat Rotaract Club telah eksis di lebih dari 158 negara, mengapa tidak kita melakukan kampanye tentang Indonesia, dengan sesuatu yang berbeda. Proyek ini disebut sebagai "We Listen To You Project"

Kalau biasanya dengan agresifnya kita mempromosikan negara ini. Sekarang dibalik, mengapa tidak kita mencari insight apa sih yang dipikirkan oleh orang lain tentang negeri kita?

Di sinilah kita bisa belajar untuk merefleksikan diri sendiri, apa sebenarnya kekuatan kita, dan kekurangan kita. Kita jadi tahu apa sih kekuatan kita dimata konsumen, bukan dari sudut pandang kita.

Setelah membaca berbagai komentar yang masuk, terkadang ada temuan-temuan yang mengejutkan. Dan sebagian besar komentar ini diperoleh melalui online, entah melalui mailing Rotaract Internasional, atau juga melalui Facebook. Internet membuat semuanya jadi mudah, bayangkan saat ini saja sudah masuk komentar dari negeri-negeri nun jauh yang mungkin jarang kita dengar semisal Pantai Gading, Nepal, Honduras dll.

Semoga kegiatan Rotaract ini, sedikit memberikan kontribusi bagi pariwisata Indonesia, dan juga membangun citra yang lebih baik tentang Indonesia. Mengapa? Pertama dengan adanya proyek ini, mereka yang sebelumnya tidak tahu mengenai Indonesia akan mencari tahu seperti apa sih Indonesia?

Kedua, akan tertanam persepsi bahwa walaupun tidak sempurna, banyak diberitakan terjadi bencana, korupsi, terorisme. Tapi setidaknya sebagai sebuah bangsa kita mau mendengar.

Ingat era internet, menuntut kita harus lebih banyak mendengar dan berdialog dengan konsumen. Karena konsumen tidak bisa lagi dibujuk dengan teriakan promosi dan iklan, biarkan mereka menemukan sendiri persepsinya tentang sesuatu.

Oleh karena itu, sebagai bagian dari Bangsa ini, mungkin luangkan waktu sejenak untuk berkunjung, dan merefleksikan, seperti apakah negeri kita?


Jakarta, 260908
Ngeblog Sebelum Mudik...

No comments: