Tuesday, January 06, 2009

The Inheritance of Loss


Buku ini memenangkan Man Bookerprize tahun 2007. Buku karangan Kirani Desai ini diterjemahkan dengan judul "Senja di Himalaya". Sangat disayangkan, karena judul aslinya yang sangat "sakral" dan mewakili isi keseluruhan dan roh novel ini jadi hilang dan hambar.

Novel ini memang bercerita tentang kehilangan. Para tokoh utama novel ini, adalah pribadi-pribadi yang kehilangan, dan sedang melakukan pencarian. Ini adalah novel yang akan mengantarkan kepada Anda sebuah aliran pemikiran yang disebut sebagai Pos Kolonial. Tentang negara-negara dunia ketiga, yang mewarisi sebuah masalah sebagai akibat dari kolonialisme Eropa.

Novel yang sangat membosankan di awal karena terlalu datar dalam bertutur. Namun bila Anda mampu bertahan, maka akan menemukan keindahan serta sisi tragis dari kehidupan masyarakat di negeri jajahan.

Yang mengais-ngais dan terseok-seok meraba identitasnya yang absurd..... Desai dengan sangat cantik bisa menuturkan perasaan para tokohnya ini dengan penuh detil. Membuat kita terlarut di dalamnya. Ditambah lagi dengan sebuah akhir yang tragis, novel ini akan selalu terngiang bahkan saat Anda telah selesai membacanya...

1 comment:

mei said...

pinjem dong