Wednesday, November 23, 2005

Saat Kehilangan...

Kadang kita tak menyadari kehadiran seseorang begitu berarti dalam hidup, sampai saat berpisah. Ternyata seberapapun kecilnya, seseorang memberikan kontribusi dalam kehidupan kita.

Dan kadang terlalu terlambat untuk menyadari bahwa kita membutuhkan mereka. Kadang kita merasa begitu hebatnya tak membutuhkan siapapun. Tapi begitu ia pergi, barulah terasa betapa berartinya ia. Ternyata dunia tak lagi sama tanpanya. Ternyata begitu banyak kenangan indah yang bermunculan setelah dia tak ada.

Saat kehilangan menjadi momen yang paling menyedihkan dalam hidup. Saat seseorang pergi, dan ada sesuatu yang terasa kurang. Saat air mata berderai-derai menyesali karena saat lalu yang tak dihargai.

Tapi apakah harus selalu disesali??? Bukankah masih ada orang disekitar yang perlu dimaknai keberadaannya juga??? Yang mungkin akan merasa bosan karena merasa dirinya tak berarti bagi kita. Karena kita terlalu terlarut dalam penyesalan...

Ya... memang kehadiran seseorang tak bisa tergantikan. Karena setiap orang mempunyai peran dan kontribusi yang unik. Namun berusaha menghargai yang tersisa masih lebih baik ketimbang hanya terus berderai, hingga semuanya pergi. Dan tak satupun yang sempat kita hargai keberadaannya.

Penyesalan itu untuk dipelajari, bukan hanya panggung drama pertunjukan air mata. Setiap proses adalah pelajaran yang berharga, bila kita mau menyadarinya. Karena proseslah kita sampai di titik ini. Dan dengan proses pulalah, kita berharap mencapai titik yang lebih tinggi.


Yogyakarta, 231105

No comments: