Wednesday, November 23, 2005

Tentang Kesepian

Apabila diamati dengan cermat, apa sih benang merah tema yang diangkat para penulis??? Setelah melalang buana ke berbagai blog, novel, cerpen, puisi dan banyak lagi.... Semuanya seringkali mengangkat tema kesepian. Ada apa dengan kesepian??? Ada apa dengan penulis???

Benarkah penulis terlahir menjadi penyendiri yang kesepian??? Apakah ia menulis untuk menghalau kesepian dalam dirinya??? Atau menjadi sepi karena ia harus menulis???

Benarkah hidup itu sunyi??? Ataukah hanya para penulis yang terlalu sensitif hingga melihatnya sebegitu kompleksnya??? Pertanyaan-pertanyaan yang tak mudah memang untuk dijawab.

Namun harus diakui para penulis mempunyai kerumitan berpikir yang luar biasa. Itu yang membuat mereka bisa mengemas tema biasa menjadi indah. Memungkinkan mereka mampu menggambarkan sitausi dan karakter begitu hidup.

Lalu apakah ini berkah??? Saat kerumitan berpikir kadang menjadi petaka??? Banyak lagi pertanyaan yang bermunculan. Ternyata banyak hal tak pernah dimengerti banyak orang. Bahwa dibalik cerita indah, yang menguras air mata. Ada pula cerita yang lebih kompleks dari apa yang tertulis. Cerita tentang kehidupan pribadi Sang Penulis yang kabur, dan tak terungkap.

Lalu aku bertanya pada diri sendiri, bukakankah kau penulis??? Mestinya tahu jawabannya...


Yogyakarta, 231105

No comments: