Wednesday, November 23, 2005

Just Be A Good Listener

Ternyata sungguh susah hanya untuk menjadi pendengar yang baik. Aku tidak sedang membicarakan orang laim. Tapi berbicara pada diri sendiri. Aku kadang kecewa dengan diri sendiri, mengapa aku masih saja enggan menjadi pendengar yang baik.

Memang benar mendengarkan lebih sulit, dibanding berbicara. Mendengarkan lebih melelahkan dibanding berbicara. Namun kalo semua berbicara, siapa yang mendengar?

Kadang aku sadar, dan mulai mengontrol diri untuk bukan hanya didengarkan. Namun lebih banyak, saat dimana aku hanya ingin didengarkan tanpa aku sadari. Dan baru menyadarinya setelah semua berlalu.

Lalu aku mulai menyesal, dan membenci diri sendiri. Why I did it again??? Dan kemudian berjanji, di saat mendatang tak akan terulang lagi. Namun kadang aku terjatuh di lubang yang sama, lagi, lagi dan lagi.

Ternyata hanya sekedar untuk menjadi pendengar yang baik, membutuhkan pelatihan yang lama dan panjang. Dan masih butuh jalan panjang agar aku bisa mencapainya.

Hmmmm life is a never ending learning process, itu memang benar. Tetapi mengapa lebih sulit untuk belajar menjadi pendengar yang baik dibanding belajar konsep yang abstrak sekalipun???


Yogyakarta, 231105

No comments: