Tuesday, August 07, 2007

Konsumsi dan Ideologi...

Hmmm tampaknya berat banget yah, konsumsi ajah ada ideologinya. Tapi dalam kehidupan nyata aku bener-bener melakukannya. Misalnya kalo nonton film, aku lebih memilih nonton di Blitz dibandingkan grup 21. Untuk membeli baju, kadang aku lebih memilih
fashion produksi distro lokal. saat membeli buku, ini lebih kompleks lagi ada kategori, penerbit selain Gramedia, terus penulis lokal, terus tema-tema yang tidak biasa. Saat membeli pulsa juga, ada tuh ideologinya. Aku lebih memilih membeli di ibu-ibu pedagang kecil depan kosan, daripada ngisi lewat ATM atau beli di ritel besar.

Sebenernya apa sih ideologiku dalam mengkonsumsi? Aku selalu ingin membantu yang lemah. Aku ingin yang kecil juga dapat tumbuh menjadi besar. Di sisi lain, aku ingin melihat sesuatu dari sisi yang berbeda. Aku tidak ingin terjebak dalam suatu kenyamanan.

Pertimbangan lainnya, gak usahlah kita berkoar-koar tentang cinta tanah air,dan nasionalisme. Aku juga tak perlu berkoar soal membantu orang miskin. Dengan membeli produk dalam negeri,maka berapa orang yang kelangsungan hidupnya kita selamatkan. Dengan membeli pulsa dari ibu-ibu pedagang kecil depan kosan, berarti aku sudah memberikan sedikit keuntungan yang akan menyambung kehidupannya.

Jakarta, 070807
Sore yang Cerah Secerah-cerahnya...

No comments: