Wednesday, June 18, 2008

Geliat Visit Indonesian Year 2008 di Dunia Online...

Kampanye Visit Indonesian Year 2008, sangat banyak menuai perdebatan. Banyak yang mengkritik kesiapan negara ini menyambut turis asing. Alasannya, bencana alam, demonstrasi, dan berita negatif lainnya. Belum lagi kampanye ini yang ipersiapkan dadakan, dan tergesa-gesa sehingga gaungnya tidak terlalu meluas.

Tapi sangat menarik kalau melihat langkah yang dilakukan departemen kebudayaan dan pariwisata di dunia online. Selama ini saya pikir, orang-orang departemen itu gaptek, dan tidak melek teknologi.

Ternyata pemikiran ini salah. Saya melihat banyak sekali banner tentang Visit Indonesian Year terpasang bukan hanya di media mainstream seperti portal berita dll. Banner ini ternyata juga eksis di berbagai blog, termasuk Indobackpacker, yaitu blog dari para pecinta jalan-jalan berbudget murah.

Dan yang lebih seru lagi, ternyata mereka juga memanfaatkan Facebook untuk melakukan kampanye. Dan kampanye ini tampaknya lumayan berhasil. Karena groups yang dibentuknya hingga hari ini mampu menyedot simpatisan hampir 13.000 orang. Dan banyak dari simpatisan ini adalah orang-orang asing, dan orang Indonesia yang berada di luar negeri.

Bayangkan dengan membentuk groups di facebook yang gratis ini, mereka bisa mempromosikan situs wisata Indonesia, dan juga file video serta gambar kecantikan alam dan kebudayaan Indonesia. Langkah yang sangat inovatif, disaat para pemasar lainnya bahkan masih gagap dengan teknologi ini.

Disini, para simpatisan juga bisa mengirimkan komentar yang bisa dibaca oleh semua orang. Jadi paling tidak mereka juga bisa mendapatkan insight seperti apa sih cara pandang konsumen tentang Indonesia.

Ini sebuah langkah yang murah dan tepat, karena apa? Target audiens dari Visit Indonesian Year 2008 kan terutama dari manca negara. Dan teknologi internet mampu menjangkau mereka, dengan biaya yang sangat murah.

Jakarta, 180608
Lost in time...

2 comments:

Dian said...

Visit Indonesia 2008 juga masuk ke jaringan friendster loch...

Retty N. Hakim said...

Sebenarnya orang Indonesia banyak yang mau promosi tentang Indonesia (saya juga loh...http://www.openwriting.com/archives/2008/01/indonesia_pearl_1.php)

Tapi semua kembali lagi pad kenyamanan pelayanan di Bandara, keamanan, dan kenyamanan kunjungan selama berada disini. Banyak yang bisa digali sebenarnya. Singapura saja yang hutannya cuma secuil bisa promosi Jurong Park, lha kok kita seperti nggak PD?! Ya balik ke hal yang di atas lagi!