Friday, June 27, 2008

Seberapa Efektif Internet, Dibanding Media Lain???

Pertanyaan ini sepertinya menjadi pertanyaan setiap pemasar dan praktisi PR di Indonesia. Efektifkah internet mempengaruhi konsumen? Ada sebuah peneltian menarik yang dilakukan di Eropa, diktuip dari FutureLab. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di beberapa negara di Eropa, diambil kesimpulan, bahwa internet dua kali lebih berpengaruh pada konsumen dibandingkan televisi, dan delapan kali lebih berpengaruh dibandingkan media cetak.

Ujung-ujungnya kembali lagi kepada siapa yang memberikan pendapat tentang sebuah produk. Di media cetak dan televisi, konsumen sadar bahwa itu adalah suara dari produsen. Ya tentu saja, produsen akan bilang produknya nomor satu, begitu yang nyangkut dalam benak konsumen.

Namun justru sebaliknya yang terjadi di internet. Konsumen sendiri yang bercerita tentang pengalaman mereka mengkonsumsi sebuah produk. Dan pengalaman itulah yang dibagi ke konsumen lainnya.

Oleh karena itu jangan heran, apabila banyak konsumen yang melakukan riset online terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian. Lalu apa yang harus disiasati dengan perilaku semacam ini?

Sekarang adalah era web 2.0, dimana setiap orang bisa mempublikasikan pendapatnya. Maka perusahaan, seharusnya memberikan fasilitas agar konsumen bisa memberikan review atau opini di website perusahaan. Karena konsumen lain yang akan membeli produk serupa, akan lebih mempercayai opini sesama konsumen dibandingkan suara produsen.

Jakarta, 270608
Detik-detik Menuju Pulkam....

1 comment:

venus said...

pulkam?? kemana? aku juga mau pulang ke ndeso, mumpung anak2 libur. met liburan, mas tuhu :D