Monday, February 21, 2005

Tentang Iri Hati

Hm... masalah ini mungkin diidap oleh banyak orang, termasuk aku didalamnya. Kenapa terkadang merasa iri hati bila melihat kesuksesan orang lain. Melihat dari sisi betapa mudahnya orang lain mendapat sesuatu, sementara aku terpuruk lagi dan lagi.
Walau sebenarnya aku paling benci dengan penyakit satu ini. Aku berusaha sekuat tenaga menaklukkan diri sendiri, tapi memang tak semudah yang dibayangkan. Ternyata memang lebih mudah unmemberi saran pada orang lain, dibanding mengendalikan diri sendiri.
Oh.. ternyata aku tak ada bedanya dengan orang-orang lain yang sering aku sebut munafik. Terus apa dong yang membedakan aku dengan orang lain? Adakah? Lalu pertanyaan selanjutnya jika ada, lebih baik atau lebih buruk ?
Nah ini juga menjadi pertanyaan sensitif yang kadang tak bisa aku jawab dengan obyektif. Terkadang kita terlalu meninggikan diri kita, atau terlalu merendahkan? Aduh terus gimana mencari keseimbangan di antara keduanya. Itu adalah masalahnya, dan selama perjalanan hidup manusia masih saja berproses untuk menemukannya.

2 comments:

ayu murti said...

iya,, betul banget..
iri hati itu suatu musuh yang susah banget buat dihilangkan..
dan itu bikin aku sebal banget...
aku mau minta saran dong caranya buat mengendalikan sifat iri hati itu gimana???
balas ya commentku!!!
thanks...

tuhu said...

Mbak Ayu, apa yang aku lakukan untuk menghapuskan iri hati??? Yang paling utama adalah melihat segalanya dari sisi positif. Belajar menerima diri sendiri, dengan segala kelebihan dan kekurangan. Terus berfokus pada diri sendiri, dan tetap berusaha dibandingkan melihat pada orang lain....