Monday, April 03, 2006

RI-Australia, Teman Tapi Musuh (TTM)

Beberapa waktu belakangan ini hubungan Indonesia dan Australia kembali memanas. Indonesia memulangkan Duta Besarya hingga waktu yang tidak ditentukan. Ini bukanlah yang pertama terjadi letupan antara Indonesia dan Australia. Lalu ada apa dengan hubungan ini???

Persoalan Indonesia dan Australia menyangkut hubungan yang rumit, dan tarik-menarik antara berbagai kepentingan. Australia tidak ingin hubungannya dengan Indonesia rusak. Karena begitu banyak kepentingannya di Indonesia. Pasar Indonesia yang 220 juta tentunya sangat menggiurkan. Apalagi industri pendidikannya yang banyak diisi oleh pelajar Indonesia. Coba bayangkan bila mahasiswa Indonesia kemudian ditarik.

Pada sisi lain, Australia takut Indonesia menjadi besar dan kuat. Indonesia yang penduduknya mayoritas Islam, dengan jumlah penduduk serta wilayah yang luas jelas dipersepsikan sebagai ancaman. Sementara itu secara geopolitik Australia berada dalam posisi terpencil dan sendirian, sebagai negara yang dipenuhi orang kulit putih dan kristen.

Maka tidak mengherankan, Australia diam-diam akan lebih senang bila Indonesia tetap kacau, dan terbelakang. Atau Indonesia terpecah-pecah, karena ini berarti kekuatan Indonesia di dunia internasional akan melemah.

Sementara Indonesia sendiri juga mempunyai banyak kepentingan dengan Australia, selain sejumlah mahasiswa. Turis-turis Australia adalah jumlah terbesar ketiga yang berkunjung ke Bali. Sementara Bali adalah tulang punggung industri pariwisata Indonesia.

Lalu bagaimana akhir dari cerita kedua negara bertetangga yang saling bercuriga ini??? Yah... aku sendiri juga gak ngerti akan bagaimana. Tapi dalam beberapa tahun ke depan gejolak-gejolak seperti ini akan terus muncul, selama saling curiga itu masih terus ada.

Andai saja dunia tidak pernah ada saling mencurigai, dan hidup secara damai tanpa perlu saling mengusik. Maka semuanya tak akan perlu terjadi. Namun prasangka dan ego sepertinya tak bisa terhapus dari diri manusia, apakah ini memang bagian dari insting manusia???

Yogyakarta, 030406

No comments: