Saturday, August 12, 2006

The Art of Selling

Beberapa hari belakangan ini aku disibukkan dengan persiapan mengadakan sebuah acara dari Smart Corner Club bekerjasama dengan V-Art Gallery Coffe. Acaranya sendiri, bedah buku “Toyota Way”. Banyak hal yang aku pelajari dari kegiatan ini. Tapi yang paling berkesan adalah, ini kali pertama aku berjualan produk.

Ternyata memang tidak mudah menjual produk. Ada teknik-teknik tertentu untuk bisa meyakinkan orang lain agar mau membeli tiketnya. Tapi aku merasa ini sangat mengasyikkan. Aku telah berkomitmen ingin memasuki dunia pemasaran. Maka ini adalah langkah awal untuk memahami secara langsung dalam dunia nyata, bukan hanya teori, gimana sih memasarkan itu???

Beberapa hal yang aku temukan adalah, tiap orang mempunyai ketertarikan yang berbeda atas sesuatu. Ada yang memang tertarik dengan bukunya. Ada yang tertarik karena tempatnya. Ada yang tertarik karena teman dekatnya juga datang, tak perduli apa acaranya. Ada yang teratrik pengin foto-foto.

Ini berpengaruh pada pendekatan yang berbeda saat membujuk mereka hingga akhirnya mau membeli tiket. Dan aku harus bisa membaca dengan cepat, kira-kira faktor apa yang paling mempengaruhi seseorang dalam pengambilan keputusan pembelian.

Hal lainnya, ternyata memang tidak mudah meyakinkan orang lain. Aku tahu ini adalah bagian dari kelemahanku. Aku kurang mampu meyakinkan orang lain untuk mendukung pendapatku. Nah di saat inilah ajang yang sangat tepat untuk belajar meyakinkan orang lain, agar mau membeli.

Sejauh ini, hasilnya cukup memuaskan. Walaupun aku merasa seharusnya aku bisa melakukan lebih banyak lagi penjualan. Namanya juga pengalaman pertama, tentunya banyak sekali kekurangan. Tapi aku berjanji untuk selalu belajar agar bisa melakukannya dengan lebih baik lagi, dan lebih baik lagi.

Karena dalam otakku, apabila aku menerjuni sesuatu hal, dan telah memutuskan ini hal yang aku inginkan. Maka aku hanya akan melakukannya untuk mencapai yang terbaik. Aku hanya ingin yang terbaik, tidak nomor dua atau nomor tiga. Aku akan membayar berapapun biaya yang harus aku keluarkan untuk mencapainya.

Ini kan bagian dari proses, sesuatu itu akan menjadi baik bila kita mau membayar proses yang harus dilaluinya...

Yogyakarta, 110806

No comments: