Monday, June 25, 2007

Fenomena Tukul...

Hmmm tampaknya Tukul saat ini sedang menjadi fenomena. Sebelumnya sempat ada Inul Daratista, yang membuat kehebohan yang sama. Ada kesamaan di antara keduanya, datang dari daerah, dengan kehidupan susah dan kampungan. Lalu mereka memasuki dunia hiburan dari bawah, hingga menuai sukses besar di Jakarta.

Nah kebetulan, dari banyaknya pemberitaan dan buku yang mengulas soal Tukul, ada satu buku yang ditulis oleh seniorku di HI UNPAD. Judul bukunya "Tukul Arwana Kumis Lele Rejeki Arwana". Hmmm ternyata, asyik juga membaca biografi Tukul. Banyak hal yang bisa dipelajari.

Pertama adalah konsistensinya untuk tetap berada di jalur lawak. Walaupun untuk itu, jalannya sangat tidak mudah. Dia harus melalui proses yang sangat panjang untuk sampai pada posisi ini. Kalau orang lain, mungkin saja sudah menyerah di tengah jalan.

Kedua, kemauan Tukul untuk terus belajar, dan belajar. Dia ternyata seseorang yang gemar membaca, sehingga wawasannya luas, tidak seperti tampangnya yang "Ndeso". Ketiga, sikapnya yang tetap membumi meski kini ia telah sukses dan bergelimangan harta.

Kehidupan yang tiba-tiba berubah tidak membuatnya menjadi kaget, dan lupa diri. Sangat jarang menemukan orang-orang yang semacam ini. Orang yang masih mengingat masa lalunya, meski keadaan sudah berubah seratus delapanpuluh derajat.


Jakarta, 250607
Pagi-pagi Mengawali Hari Dengan Menulis...

No comments: