Friday, June 15, 2007

Membuka Lembaran Lama...

Minggu lalu, aku mengikuti pelatihan menulis. Karena terlalu sibuk, aku masukkan saja cerpenku yang udah lama banget nulisnya. Soalnya untuk ikut pelatihan ini, disyaratkan memasukkan contoh tulisan kita.

Nah yang menarik, adalah ketika membaca kembali tulisan itu. Benerrr banget kata salah satu trainer di pelatihan itu, woww kok tulisanku norak yahhh. Padahal saat
itu,perasaan udah kerennnnnnnnnn banget lahhhhh.

Maklum aja, tulisan itu tertanda "241204", jadi tulisan ini udah aku buat sekitar 2,5 tahun yang lalu. Cukup lama juga kan??? Dan dari sekian lama aku menuliskannya, aku gak pernah membaca ulang. Baru sekarang ini sempet dibaca lagi, karena harus diedit ulang, coz kalo bagus dapet beasiswa dari Jakarta Writing School.

Ternyata perjalanan yang dua tahun itu, sudah cukup memberikan perbedaan warna dalam caraku menulis. Aku bisa merasakan betapa polos, dan lugunya gaya menulisku saat itu. Imajinasi, dan pilihan katanya kok norak yahhh, aku bergumam sendiri dalam hati.

Hmmm, jangan-jangan kalo aku baca postingan pertamaku di blog ini maka aku akan bereaksi sama. Karena gaya menulis, juga merupakan rekamana perjalanan proses pembelajaran.

Semakin lama, maka akan makin banyak referensi yang kubaca. Dan ternyata sangat berpengaruh pada gayaku menulis. Aku menjadi semakin kaya, dalam gaya dan kosakata untuk bercerita.

Terkadang lucu juga mentertawakan masa lalu kita. Tapi ini sekaligus memberikan suatu kesadaran, bahwa selama ini kita telah melalui suatu proses dan pembelajaran.

Smoga dua tahun lagi, aku masih mampu menertawakan karya yang kubuat hari ini. Karena ini menunjukkan bahwa aku terus belajar...

Jakarta, 150607
Kantor, Weekend,Pas Banget Buat Nulis...

No comments: