Friday, June 20, 2008

Lolita: Tentang Dunia Yang Muram


Kesan pertama yang terbangun dari nove Lolita, yang ditulis oleh Vladimir Nabokov adalah kemuraman. Sebuah percintaan antara seorang paruh baya, dengan seorang anak-anak berusia 12 tahun.

Kisah yang sangat rumit, sebuah percintaan yang sangat tragis. Dengan pendalaman karakter pribadi-pribadi yang nyleneh. Ceritanya seperti datar, konflik seperti dijaga dari awal hingga akhir.

Awalnya serasa agak membosankan membaca novel ini. Karena semuanya serba aneh. Namun kisah percintaan yang tulus dengan bungkus yang aneh bisa direnungkan disini. Novel ini juga membawa pada kehidupan tahun 50-an. Kehidupan dimana televisi sepertinya baru memulai debutnya, dan kehidupan unik lainnya.

Novel ini juga membawa kita pada berbagai kultur negeri Eropa dan Amerika. Karena persentuhannya dengan berbagai negara yang pernah ditinggalinya, membawa novel ini menjadi lebih kaya.

Jakarta, 200608
Malam Hari Masih di Kantor Itu Pilihan...

1 comment:

Anonymous said...

aku penasaran ingin baca novel ini soalnya banyak yang ngomongin novel ini. Aku baru baca satu novel yang ngomentarin novel ini judulnya reading lolita in tehran authornya azar nafisi, dari buku itu dia bilang nobokov disitu sebagai si paruh baya yang ngebalikin fakta seolah olah lolita yg antagonis padahal lolita itu korban, bener ga sih?