Tuesday, July 29, 2008

FX Plaza: Mengakomodasi Gen Y yang Narsis

Mall-mall sudah sangat banyak di Jakarta. Bahkan banyak orang berkomentar, "Hahhhh bangun mall lagi?" Kebanyakan konsumen sepertinya sudah muak dengan kehadiran mall-mall baru.

Namun konsep baru yang ditawarkan oleh FX Plaza, segera disambut gegap gempita oleh para pecinta gaya hidup. Ketika pertama kali ke mall ini, sekitar lima hari setelah dibuka, mall ini masih relatif sepi. Tapi minggu berikutnya sepertinya pengunjung sudah membludak.

Lalu apa istimewanya? Mall ini mengambil pasar yang sangat khusus, para kaum muda urban berduit, profesional muda yang doyan nongkrong-nongkrong dan jalan-jalan. Makanya jangan heran bila tenant yang ada sebagian besar didominasi restoran, dan jualan aksesoris.

Mall ini juga menawarkan slider, yang kemudian menjadi senjata utama untuk menciptakan viral marketing. Belum lagi bila Anda melihat ruangan-ruangan yang disewakan sebagai tempat meeting, transparan, dan sekaligus bisa untuk Karaoke. Ide yang cerdas...

Tenant-tenant yang belum dibuka pun disulap menjadi tempat pameran hasil karya seni instalasi, yang tentu saja bertujuan untuk menjadi obyek foto yang menarik. Bayangkan kemudian foto-foto ini tersebar di blog, friendster, facebook, atau mailing list. Bukankah itu menjadi publikasi murah untuk FX Plaza?

Mall ini benar-benar memahami Gen Y. Mengapa? Saat ini Gen Y adalah generasi baru yang mempunyai daya konsumsi yang tinggi. Mereka lahir dari awal 1980-an hingga akhir 1990-an. Mereka saat ini adalah para pekerja muda, dan remaja. Generasi ini adalah generasi yang sering disebut generasi yang suka nongkrong dan jalan-jalan, serta narsis, dalam segi pekerjaan mereka banyak membuat pusing para HRD karena pembosan, banyak tuntutan, dan ingin bekerja dengan gaya yang kasual. Mereka ini lahir di era teknologi, dan ekonomi yang sedang tumbuh pesat.

Inilah yang sepertinya ditangkap oleh FX Plaza. Dimana para Gen Y yang banyak tuntutan ini, difasilitasi untuk bisa bekerja sekaligus bersosialisasi. Dan terbukti pendekatan ini sukses berattt, menangguk banyak pengunjung. Di tengah kebanyakan mall, yang menyasar segmen keluarga.


Jakarta, 290708
I Wish My Dreams Come True

1 comment:

ridu said...

wah.. gw blom sempet ke Fx tuh.. jadi pengen naek perosotan.. heheheh.. nice-nice..

ntar kalo udah ke sono gw juga mo posting ah..