Tuesday, July 01, 2008

Menghitung Online PR Value???

Dalam dunia PR tradisional, sudah ada rumus baku dalam perhitungan konversi nilai dalam uang, dari sebuah publikasi. Misalnya dihitung 2 X rate iklan X jumlah kolom. Lalu saya sedang membayangkan, bagaimana dengan perhitungan online PR Value?

Karena ada banyak hal lain yang sangat khas online yang seharusnya juga diperhitungkan dalam perhitungannya. Misalnya:
1. PageRank (peringkat dari sebuah situs atau blog)
2. Jumlah pengunjung yang tentunya sangat fluktuatif
3. Agregator Blog, dimana blog tersebut terdaftar pada sekumpulan blog yang akan terupdate setiap hari.
4. Jumlah pelanggan RSS Feed

Lalu bagaimana PR Value akan bisa dihitung dengan sangat banyaknya variabel seperti ini? Padahal perhitungan PR Value itu sangat penting untuk meyakinkan manajemen puncak, apabila mereka ingin melakukan investasi di Online PR.

Adakah yang bisa memberikan jawaban formula perhitungan Online PR Value, atau mungkin variabel tambahan yang mungkin perlu dipertimbangkan dalam penghitungan ini?


Jakarta, 010708
Berjuang Keras Melawan Kebosanan

6 comments:

Nivell Rayda said...

Interesting point Tuhu. I am planning to elaborate more on this in InDiPR's blog. But basically the measurements should be categorized into Web stats and business measurements.

Web statistics are interesting and easy to obtain realtime. However they need to know what it means for their company more than everything else

Lucky E. Santoso said...

Sudahkah dipertimbangkan penggunaan jasa yang ditawarkan oleh Nielsen//NetRatings, comScore Media Metrix, atau sejenisnya?

Siapa tahu manajemen puncak akan mudah diyakinkan kalau perhitungannya dilakukan oleh konsultan-konsultan ternama.

Umar said...

Salam hangat,
Saya cukup tertartik membahas mengenai PR value. Namun ada pertanyaansaya yang belum terjawab. Pada perhitungan PR Value ada pengkalian 3 dan 5 untuk media yang memuat teks dan gambar. Pertanyaannya didapat darimanakah angka tersebut? Lalu apa beda PR value dengan AVE (advertising value equivalency)?

tuhu said...

Setahu saya, biasanya dikalikan 3 atau lima kali dari nilai advertising itu berdasarkan asumsi saja. Karena dianggap nilai publikasi media nilainya lebih tinggi dari advertising dari sisi konsumen

Anonymous said...

Salam kenal semuanya. Untuk perhitungan PR Value, pengkalian 3 dan 5 adalah 3 untuk BW dan 5 untuk FC. Berita Foto apabila hitam putih maka dikali 3, kalau berwarna dikali 5. Untuk artikel juga berlaku sama. Sedangkan untuk online, masing2 corporate memiliki standar yang berbeda2. Ada yg menggunakan setiap online dihitung sama rata Rp 15juta, ada juga yang memakai Rp 20jt untuk online terbesar dan 10 juta untuk media online kecil

kukukotor said...

Hi anonymous.
Definisi PR Value sendiri apa ya? Apakah misalnya artikel yang terbit justru tidak dapat memberikan value apapun terhadap brand dan acara konferensi pers apakah juga dianggap punya PR Value untuk brand Mas Tuhu? Misalnya sebuah website agregator yg isinya bukan berita tapi keyword-keyword secara acak. Dimana pembaca yg landing tidak dapat pesannya. So there's no PR Value.
Kalau ada yg tahu boleh saya dikoreksi yah...