Thursday, August 21, 2008

Apa yang Dicari Konsumen dari Plurk???

Saat ini beberapa pecinta teknologi, dan early adopter di Indonesia sedang gandrung dengan Plurk. Makhluk macam apa lagi ini??? Ini semacam blog, tapi sangat singkat. Sekali menulis, maksimal 140 karakter, yah berarti sepanjang sms.

Plurk dikategorikan sebagai micro blogging, kenapa disebut mikro?? Ya karena nulisnya pendek-pendek. Nah kalo blog biasa, itu orang seperti dituntut untuk nulis panjang-panjang, dan komitmen yang tinggi untuk sharing sesuatu yang penting ke kalayak yang luas.

Nah di micro blogging ini, justru sharing hal-hal yang nggak penting. Misalnya makan siang dimana, lagi ngapain, dll. Lalu mungkin banyak yang bertanya, mang penting ya? Nyatanya penting tuh.

Plurk sedang jadi bahan pembicaraan di banyak milis, dan juga dalam ajang kumpul-kumpul. Sepertinya selain konsumen kita suka narsis, mereka juga selalu ingin tahu, dan sangat perduli dengan apa yang dilakukan teman, tetangga ato sodara... Nah sepertinya fenomena inilah yang dimanfaatkan oleh para penggagas microblogging.

Nah apa yang kemudian perlu diketahui oleh pemasar? Disini konsumen biasanya suka pamer sekaligus komplen lho... Misalnya mereka pamer, makan siang dimana, jalan-jalan ke mall mana. Bukankah ini sebuah media PR yang sangat okeh? Bayangkan bila dia pengguna Plurk yang gaul, dimana ada ratusan atau mungkin ribuan teman. Plus fans-fans yang bertebaran.

Tapi merek Anda juga akan segera tamat, bila tiba-tiba ada yang ngeluh di Plurk-nya. Semisal kemarin saya membaca Bos saya mengeluhkan soal XL 3G yang sekarang katanya makin lambat. Waduh jujur saja, saya langsung ilfeel dengernya. Kalo misal ada temen nanya soal 3G, buru-buru saya tidak akan merekomendasikan XL, karena teringat komentar di atas.

Plurk juga bisa jadi ajang ngerumpi berjamaah. Seorang pengguna Plurk saya temukan sedang berbagi iklan atau videoklip kesukaan gituh lupa. Nah dimasukkan juga tuh linknya. Internet saat ini dengan segala penemuan baru, menyebabkan informasi beredar semakin cepat, baik itu baik ataupun buruk...


Jakarta, 210808
Hari yang Panas...

1 comment:

Ksatrio Mbojo Ireng said...

Plurk, is actually eyeing more on awareness and how people talks about.. generating on topics widely been discussed... mapping interest and further to profiling of its users :D

It's a social engineering, to the next level.. happy plurking, then!