Friday, August 15, 2008

Oleh-Oleh dari IYCEY 2008

Tanggal 1-3 Agustus yang lalu, aku mendapatkan anugerah luar biasa menjadi finalis International Young Creative Entrepreneur of the Year 2008. Dan yang lebih menyenangkan lagi, aku menjadi finalis untuk dua kategori sekaligus yaitu Communication dan Interactive, sebagai finalis termuda.

Kegiatan tahunan ini dipersembahkan oleh British Council, untuk mereka yang bekerja atau mempunyai perusahaan di sektor industri kreatif berumur 25-35 tahun. Untuk tahun ini, ada empat kategori yang dilombakan yaitu Screen, Fashion, Interactive, dan Communication. Para pemenang dari Indonesia akan pergi ke UK, untuk bersaing dengan peserta dari negara lain, dan memperebutkan hadiah utama uang senilai 7,500 pounsterling.

Walaupun tidak menang, aku merasa sangat beruntung. Mengapa? Karena aku bisa berkumpul, dan berteman dengan orang-orang yang sangat hebat, dan punya visi yang jauh ke depan. Masing-masing dari mereka mempunyai karya andalan yang sangat bagus, dan yang paling penting punya visi untuk memberikan kontribusi bagi perkembangan bangsa ini.

Kedua, aku bisa membangun jaringan bisnis, dan deal-deal bisnis dengan sesama finalis. Kita juga bisa membuat sebuah proyek-proyek gila dan kreatif dengan berkolaborasi sesama finalis, yang mempunyai keahlian masing-masing.

Ketiga, bertemu dengan orang-orang muda yang walaupun berprestasi segudang, tapi gak jaim, dan asyik banget sebagai teman berbagi, dan juga sebagai teman bergila-gilaan. Ini adalah orang kreatip Bung, kalo gak gaul dan gila perlu dipertanyakan kreativitasnya hehehe.

Ajang ini merupakan wadah yang bagus bukan hanya untuk berkompetisi, tapi sekaligus mengukur seberapa besar sih yang sudah dikontribusikan bagi bangsa ini. Negara ini butuh generasi muda yang tangguh, berpikiran terbuka, dan kompetitif. Ini bukan saatnya leha-leha, banyak mengkritik tapi sedikit bertindak. Mari kerjakan apa yang kita bisa untuk perbaikan negeri ini.

Aku berharap tahun depan semakin banyak entrepreneur kreatif Indonesia yang ikut menjajal ajang ini. Tunjukkan bahwa generasi muda Indonesia itu adalah generasi yang kreatif dan kompetitif, tidak takut untuk bersaing.

Terkadang aku suka merasa sedih melihat banyak teman, yang males ikut ajang-ajang kompetisi. Alasan paling sering adalah, merasa belum pantas dan belum banyak yang diperbuat. Apakah kita sendiri bisa menilai apa yang telah kita kontribusikan? Kenapa tidak mencoba saja, dan biarkan orang lain yang menilai pantaskah kontribusi kita diberikan sebuah penghargaan?

Bagaimanapun hidup ini adalah tentang kompetisi, namun sekaligus kolaborasi. Jadi kutunggu di IYCEY 2009, karena aku akan kembali dengan persiapan yang lebih baik lagi tentunya....

5 comments:

dixxie said...

tuhuu ! senang berkenalan dengan anda !!

ridu said...

waah.. hebat2 deh... selamet buat para pemenang.. semoga ajang kek gini bisa tambah merangsang kreativitas generasi muda kita yah..

Dian said...

Ganbatte Kudasai Mbook..

Nice people nice activities..

fika said...

Tuhuu, Salut bwtmu!!

Retty N. Hakim said...

Dunia itu memang kecil ya...
Ternyata blogger itu memang berkeliaran dimana saja...entah di dunia maya maupun di dunia nyata!

Terima kasih ya sudah ditungguin tadi, soalnya lemes bo nyetir 2 jam...(gila kan padahal cuma dari jalan wijaya ke PI! Saking pusingnya nggak ngeliat dimana tempat valet parking...dan aku tersesat di parkiran sejak jam 18.10) Padahal pengen kenalan sama banyak orang...he..he..he...(kalau bawa anak susah deh nggak ngaret...itu bukan karet lagi ya...he...he...he...)

Dengan jaringan yang terbangun, percaya deh pasti bakal banyak jalan yang terbuka...masih muda kan...tetap semangat!!!