Monday, June 13, 2005

Klan Okumichi yang Gue Banget....

Beberapa hari yang lalu aku baca buku "Samurai", meninggalkan kesan yang luar biasa. Kayaknya sudah lama aku tidak menemukan sebuah novel yang begitu melekat di benak setelah menyelesaikannya. Novel ini begitu banyak menawarkan pemikiran dan perenungan yang luar biasa. Yng tak mungkin semuanya ditulis dalam tulisan ini. Di sini aku hanya akan membahas satu hal.
Yang ingin aku tulis adalah kemampuan klan Okumichi yang menjadi tokoh utama dalam novel tersebut. Klan yang dianugerahi kemampuan untuk melihat jauh ke masa depan, bahkan hingga penyebab kematiannya. Ingat kemampuan itu jadi ingat diri sendiri he... he... Tampaknya aku menderita narsis akut. Yah... tak papalah, bukankah itu tujuan blog dibuat?
Tapi berbeda dengan Okumichi yang merupakanbagian dari klanOkumichi yang menganggap kemampuan itu sebagai kutukan.Aku melihat ini adalah sebuah anugerah.
Walau memang tak mudah pada awalnya. Sangat tidak mudah untuk meyakinkan orang lain atas apa yang aku lihat di masa depan. Hal yang tidak mungkin dimengerti orang lain. Butuh tenaga ekstra untuk bisa meyakinkan mereka. Bahkan butuh tenaga yang lebih besar lagi untuk bisa mengerti diri sendiri, bahwa ada sesuatu yang berbeda dalam diri ini.
Pada awalnya ini menimbulkan perasaan sedih. Mengapa aku harus tahu yang seharusnya tak diketahui? Dari sanalah kemudian aku belajar ketidaktahuan dan kelupaan itu juga anugerah.
Di awal adaptasi, aku kadang merasa bersalah mengetahui sesuatu yang tidak seharusnya. Namun dalam perjalanan waktu, aku sadar, ini bukan salahku. Dan tak ada yang tahu kecuali aku. Dan di sisi lain ini mungkin berguna bagi orang lain. Lalu muncul ide untuk mengendalikan rasa ingin tahuku yang besar, dan terkadang menjerumuskan diri sendiri pada kegelisahan.
Dan juga berlatih untuk bisa memilah diri sendiri untuk tidak terlarut dalam permasalahan orang lain. Hanya sebatas empati dalam bahasa psikologi. Bila telah mencapai tahap simpati maka kita telah terlarut dalam permasalahan orang lain. Kalau gitu caranya lama-lama bisa gila atuh akang......

1 comment:

Chaira Hisan said...

setuju...
samurai - kastel awan burung gereja & jembatan musim gugur emang keren banget... :)