Monday, June 13, 2005

Memaknai Keseimbangan

Beberapa hari ke belakang aku merasa ada yang salah dengan diri sendiri. Entah kenapa ada semacam warning dalam diri yang membuat perasaan selalu gelisah. Setelah direnungkan untuk beberapa saat aku pun menyadari ternyata ada ang salah dalam cara hidup aku belakangan ini.
Apa yang salah? Aku sedang tidak ada dalam kondisi seimbang. Ya dimana keseimbangan atas banyak aktivitas yang dilakukan adalah pusat dari kehidupanku yang sebenarnya. Bila salah satu ada yang berlebihan dan akhirnya mengorbankan aktivitas yang lainnya, maka akan muncul sebuah kegelisahan pertanda bahwaaku harus kembali ke titik awal.
Apabila itu tidak dilakukan maka entah konsekuensi apa yang kana terjadi. Yang jelas konsekuensi itu tak menyenangkan. Dan tentunya harus dibayar dengan biaya yang mahal.
Ketidakseimbangan itu meliputi jarangnya aku untuk menulis dalam blog ini. Dan juga banyak hal lain yang juga aku tinggalkan karena akusedang memfokuskan banyak waktukupada kegiatan lain.
Jarang menulis berarti lupa untuk bercermin pada diri sendiri. Lupa bahwa fondasi yang aku bangun harus dirawat setiap saat, bila tak ingin bangunan yang ada di atasnya akan roboh.
Namun kini aku telah kembali untuk menggoreskan satu dua patah kata. Aku mulai kembali untuk menyeimbangkan bagian-bagian dari kehidupanku. Dan aku menemukan kegelisahan itu mulai memudar. Thanks God, aku selalu mempunyai kepekaan untuk mengenali apa yang terjadi pada diri sendiri.

No comments: