Thursday, January 26, 2006

Proses Kreatif Pemberontakan

Kenapa judulnya begitu??? Ya karena memang begitulah adanya. Kadang aneh memang, saat-saat kritis dan membosankan justru menghasilkan karya yang nyeleneh dan lebih segar. Mengapa pemberontakan??? Karena tiba-tiba saja dapet wangsit bikin prosa liris, sesuatu yang jelas keluar dari kebiasaan. Yang lebih asikkk lagi, gaya bahasa Tuhu yang mendayu-dayu gak akan ditemukan. Karena sudah cukup lama aku resah, kok gaya nulisku gini-gini aja, gak ada perkembangan.

Rasanya kok berdosa gitu lho..., kalo gak ada sesuatu yang baru. Nah akhirnya munculnya prosa liris wanna be ini, di tengah kepusingan ujian mid semester, dan peran sebagai ketua Club saat terjadi masalah.

Dalam prosa liris ini, aku memberontak untuk tidak memilih kata-kata “indah”. Tapi lebih milih bahasa sederhana bersahaja, campur aduk multilingual berbagai bahasa. Yang menunjukkan interaksi dan proses sosial yang pernah aku alami. Aku hanya ingin menyampaikan makna dengan bahasa biasa aja, kan aku ini penginnnn bebas, pengin keluar dari aturannnn. Dimana lagi sih aku bisa memberontak selain lewat tulisan????

Penasaran simak saja nyang berikut ini. Silahkan berkomentar sesuka hati. Toh ini forum bebas, gak bakal dipenjara kok hehehe


Awalnya Berbicara Pintu





Kugedor sebuah pintu
Hello... any body there...
Ehmmm kenapa juga tak ada respon???
Naha atuh ini teh???
Jangan-jangan ini rumah hantu
Padahal aku kan cuma butuh tempat berteduh
Sementara di luar hujan terlalu sadis
Badanku kuyup tenan
Ditambah sedikit menggigil gitu loh...

Helloo... sekali lagi kuketuk pintu itu
Kok tetap aja gak ada bebunyian
Ah kemana lagi aku harus melangkah???
Ini kan tengah malam
Ini kan middle of no where
Piye iki nasibku???
Masak aku mesti pasrah begitu saja
Ya ndak isa kayak gitu...
Ndak isa... Ndak isa....

Ya terpaksanya aku hanya ngeyup di emperan
Dengan agak menggigil
Tergigit angin malam yang sengit
Oh Gusti mimpi apa aku semalam
Hingga aku jadi kayak gini
Jangan-jangan ini balasan karma

Lalu aku teringat tentang masa lalu
Menelusuri riwayat-riwayatku
Jangan-jangan aku punya banyak salah
Bener teuk nyak???
Salah ka saha dan iraha nyak???
Beuhhhh teing ah jadi posssing aku malahan

Jangan-jangan ini pembalasanku
Karena udah nertatawakan si anu
Atau karma karena aku tak hendak menolong si itu
Atau aku kualat sama nyang ono...
Wah pokoknya lengkap ajah gituh semua salah,
Aku bongkar kutelanjangi habis-habisan

Ibarat rumah yang penuh perabot
Kukeluarkan semua perabot busuknya
Yang penting dibersihkan diri ini dulu
Ndak usahlah mbesengut nyalahin orang
Tanggung jawab itu ya diri sendiri
Bukan gitu akang, teteh, kangmas, mbakyu???

Kulihat langit kok ya hujannya betah aja lho...
Masih rintik-rintik lumayanlah gak sederas tadi
Tapi menggigilnya makin gan nahannn....
Karena udah capek ndodok ya terpaksa tiduran
Meski di lantai plesteran telanjang abu-abu, tanpa alas
Meski dinginnya makin aduhai aja
Lah wong gak ada pilihan je...
He eh... adem tenan... gak usah ngece....
Kalo keadaannya normal jelas ditari ndak mau
Tapi ini bukan soal pilihan
Ini soal kenyataan
Mau gak mau ya terpaksa mau

Lah daripada bengong gak jelas
Ya akhirnya aku berlanjut mencari karma
Dari pada menikmati badan yang menggigil
Paling tidak sedikit tercipta kehangatan
Karena pikiran tak alihkan

Lalu aku jadi ingat banyak hal
Tentang dosa, kesalahan
Tentang banyak kekecewaan,
Yang pernah aku perbuat
Pada orang tua, teman, sodara, orang yang dkenal,
Orang yang gak dikenal

Jadi ngerasa semu hangat kalo ingat
Kok bisa ya aku sekejam itu...
Kok ya sebodoh itu
Dimana perasaanku kala itu???

Semakin lama semakin panjang ceritanya
Merembet ke semua arah
Pokokna semua kesalahan sendiri,
Tak odel-odel
Semuanya tak terkecuali
Dimulai dari...
Semenjak aku bisa mengingat
Dan sadar atas apa yang kulakukan
Maka aku pun menelusuri dengan teliti
Salah apa yang telah kubuat
Yah pikir sendiri umur berapa kira-kira,
Manusia mulai menyadari tindakannya
Ah embuhhhh masa aku harus minta bantuan,
Jung, Freud ato ahli psikologi sih???
Gak usah dipikir mumet perkiraan aja...

Lama-lama kok ya capek juga ya...
Kelamaan kok ya jadi kerasa ngantuk
Dan anehnya jadi rasa hangat
Padahal jangan tanya dingine kayak apa
Mungkin ini yang disebut kemampuan manusia,
Beradaptasi pada lingkungan

Aku jadi terkekeh, ampe terbatuk malah
Jadi teringat pelajaran sekolah dulu
Hmmmm ternyata ndak sia-sia
Aku ini disekolahin ya, hehehe

Bapak Ibu matur sembah nuwun
Telah bersusah payah menyekolahkan
Paling gak tahu beda manusia dengan hewan
Tapi kok ya kebangeten kalo dipikir
Di sekolahin belasan tahun yang nyentel cuman itu
Lha pelajaran yang lain dikamanakeun atuh jang???
wah lupita tuh....
Akika kan agak malaysia bow urusan ginian...
Habis dulu kalo belajar sistem wayangan alias SKS
Kalo gak ya nyontek
Kalo ndak ya bayar aja yang gampang

Hohoho lho kok makin merembet
Ternyata makin dipikir makin panjang,
Daftar dosa yang aku punya
Jangan-jangan aku memang ditakdirkan,
Lahir untuk melakukan dosa
Ibarat pewayangan aku tuh jadi Bala Kurawa
Katanya kalo gak ada yang jelek,
Yang baik gak ada artinya???
Hidup itu harus ada penyeimbang

Husssshhhh jangan sok keminter kowe
Kalo memang banyak dosa ya sudah ambil tanggungjawab
Jangan lempar-lemparan ini bukan main bola voli lho???
Wong menurut ajaran agama manusia itu lahir suci
Tergantung kamu mau jadi baik atau buruk
Itu serba pilihan man....

Lama kelamaan kok ya jadi ketiduran
Nah dalam mimpi kok ya aku masih saja,
Mengaku dosa, mengorek lagi dan lagi...
Waduh jangan-jangan ini memang sudah,
Tertulis hari ini, jam ini, detik ini,
Aku harus merenungi diri sendiri
Ya mungkin saja...
Wong banyak hal yang kadang tak terkira
Misterius dan di luar jangkauan otak

Dan tiba-tiba di pagi buta
Aku terbangun oleh kehebohan
Disiram air karena telat bangun
Bentar lagi kan masuk kuliah
Ternyata yang nyiram bunda tersayang

Nah lho... yang tidur di emperan teh saha???
Yang berada di tengah hujan menggigil tuh sapa???
Bajuku sekarang memang basah
Tapi basah karena disiram
Makin bingung aja aku

Mana ada sih mimpi sedang bermimpi
Aneh kali aku ini....
Wah sebodo’ amat ah
Teingg teu ngerti abdi mah...
Ini mah namanya mimpi kuadrat
Emang bilangan aja yang bisa dikuadratkan???

Ehmm yang mikir cerita ini absurd ya monggo
Emang ini kan fiksi belaka
Ya terserah tha mo diapain
Kan aku penulisnya ye...
Kalo ndak puas ya nulis sendiri
Jadi endingnya bisa direka sendiri

Toh jadi penulis itu kan bukan pesenan
Emang loe kata ini butik...
Bisa pesen baju apapun sesuai selera
Asal kuat bayarnya nyang mahal boneng itu...
Ini dunia kreatif bung... tak terbayar dengan angka

Jadi kepikiran sesuatu deh
Jangan... jangan... jangan... jangan...
Apa maksudnya coba???
Enggak cuma terpikir
Banyak penulis memulai menulis
Karena mereka tak puas dengan apa yang dibaca
Mungkin gak ya???

Ah udahan deh
Ngomongin gedor pintu
Kok ngelantur kemana-mana aje
Karena dibuka dengan pintu
Maka diakhiri dengan menutup pintu
Klik... pintu ini dinyatakan ditutup
Dan kemungkinan untuk dibuka lagi
Pada episode berikutnya


Yogyakarta, 240106

No comments: