Thursday, December 14, 2006

Diskonista…

Apa yang ada dibenak ketika membaca judul ini??? Dalam versi aku ada dua hal, pertama mengikuti pakem fahionista, jadi berarti pecinta diskon. Yang kedua dipecah menjadi diskon dan nista, artinya kaum pariah yang sukanya barang-barang diskonan karena kalo gak diskon mana tahannnn kikikikik

Lalu gw termasuk yang mana??? Kayaknya dua-duanya deh ya... Ide ini muncul karena aku kalap ajahhh dengan namanya pameran buku, dan harga buku yang lagi diskon. Upsssssss, tapi kalo baju-baju diskon aku juga bisa kalap ding hehehe.

Aku sangat tidak rasional kalo melihat ada buku diskon. Bayangkan belum ada sebulan lalu, aku memborong 6 buku. Soalnya pas pameran satu bukunya diobral lima ribuan. Nah belumlah selesai membacanya. Aku kembali kalap kemarin, karena itu hari terakhir Gramedia di Yogya ngasih diskon 30% untuk semua buku. Walhasil aku pulang membawa 3 buku tebal, dari dua gerai Gramedia yang berbeda…

Tapi kayaknya bukan aku sendiri kale, secara berdasarkan rumpi-rumpi para pemasar orang Indonesia paling gampang dibujuk dengan gimmick diskon, cashback, hadiah, dan lain-lain. Para konsumen itu menjadi tidak rasional dalam membeli, dan terkadang membeli di luar kebutuhannya. Karena para pemasar memainkan psikologis mereka dengan iming-iming mumpung diskon, mumpung dapat hadiah, dan berbagai mumpung lain-lain. Kita kan emang terkenal dengan aji mumpung. Emang artis dan pejabat doang yang boleh aji mumpung???

Tapi gimanapun juga sekalap-kalapnya kita, tetap harus ada sisi rasionalnya. Walaupun aku juga kalap membeli buku, tapi aku yakin gak ada ruginya, karena buku dan pengetahuan itu investasi. Bukan seperti barang konsumsi lainnya, bila setelah dikonsumsi yang udah tuntas...


Yogyakarta, 141206

No comments: