Friday, December 08, 2006

Dari Toilet ke Toilet

Beberapa waktu yang lalu aku bepergian ke Jakarta untuk wawancara kerja, lalu dilanjutkan jalan ke Bandung. Sebagai orang yang nomaden, berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Ada satu cerita menarik, tentang toilet-toilet yang aku singgahi.

Apa yang menarik??? Ternyata di empat toilet yang aku gunakan, aku menemukan ada empat orang temanku yang menggunakan produk yang sama pembersih muka Ponds.

Pada awalnya aku gak terlalu nyadar, tapi setelah lama kelamaan, aku jadi berpikir hebat juga Ponds.... Dia bisa menguasai pasar dengan begitu cepat. Dan yang lebih mengejutkan lagi semua teman yang mengkonsumsi Ponds adalah pria. Padahal dari iklan Ponds sendiri kan sebenarnya yang ditarget wanita???

Hmm that sound great... Unilever emang keren bangetttt kalo urusan mempengaruhi persepsi konsumen. Mereka harus diakui mempunyai tim pemasar yang handal. Bayangkan merek Ponds kan lumayan baru dibanding beberapa produk lain. Tapi aku gak menyadari bahwa penetrasi mereka begitu cepat, hingga aku menyambangi berbagai toilet temanku, dan mengetahui ternyata mereka mempunyai selera yang sama.

Mungkin saja ini hanya kebetulan, tapi kebetulan tidak mungkin terjadi empat kali pada saat yang bersamaan. Menariknya lagi, teman-teman yang aku datangi berasal dari beragam latar belakang profesi, tingkat pendidikan, dan penghasilan.

Ternyata produk ini dikonsumsi baik kelas profesional, maupun kelas pekerja kerah biru. Aku jadi berpikir, mungkin karena harganya terjangkau, dan kualitas produk yang bagus??? Aku belum bisa komen soal ini, tampaknya aku harus mencari tahu lebih banyak lagi dengan menyambangi pasar swalayan terdekat hehehe.


Yogyakarta, 071206

No comments: