Friday, December 15, 2006

Every Chance is A Challenge…

Tiba-tiba Yogyes.com menelponku, bertanya apakah aku bersedia menjadi MC untuk acara launching “Tour de Djokdja”, sekaligus pengajian dotcomers yang bakal diadain di Hotel Jayakarta tanggal 12 Desember. Saat menerima telpon itu terus terang aku sempat merasa ragu. Menjadi MC di acara launching??? Di hotel berbintang??? Memandu Pak Nukman (beliau adalah pemilik virtual consulting dan portalhrd.com), seseorang yang penting???

Tapi akhirnya aku menerima saja. Walaupun menurut aku ini adalah sebuah kenekatan. Aku memang pernah siaran, beberapa kali menjadi pembawa acara. Tapi tak pernah acara sebesar ini, dan acara yang sangat penting.

Aku hanya berpikir ini adalah saatnya untuk mencoba. Kalo Yogyes.com sudah percaya penuh padaku, maka aku harus percaya dong dengan kemampuanku sendiri. Karena kesempatan terkadang gak akan datang lagi. Sekali kita melepaskannya, maka habislah sudah. Padahal setiap kesempatan, tanpa melihat apakah akan berhasil atau tidak, akan memberikan pembelajaran baru buat kita.

Terbukti aku dapat melakukan tugasku dengan lumayan baik, menurut aku sendiri sih hehehe. Indikatornya aku bisa mengendalikan diriku dengan baik, gak ada perasaan nervous, dan cukup pede walaupun harus berbicara di depan orang penting.

Dalam acara ini aku juga belajar menjadi ”tuan rumah” yang baik. Mengajak ngobrol tamu-tamu sebelum acara dimulai misalnya. Selama ini aku merasa kecewa pada diriku sendiri, karena aku kurang proaktif untuk mengajak berkenalan dengan orang-orang baru. Dan kemarin itu adalah saatnya aku belajar menjadi lebih proaktif.

Kemudian aku juga berhasil memperluas jaringan, karena akhirnya aku bisa berkenalan dan ngobrol banyak dengan Pak Nukman. Punya banyak jaringan kan gak ada ruginya. Lumayanlah bisa kenal dan belajar dari orang penting, ini membuatku lebih terinspirasi menjadi lebih baik lagi.

Akhir kata aku sangat berterima kasih pada Mas Agus dan Mbak Inda yang ngasih aku kesempatan buat jadi MC. Karena dengan kesempatan ini, aku jadi belajar lebih banyak lagi. Tidak semua orang mempunyai kesempatan baik seperti diriku...

Yogyakarta, 151206

No comments: