Monday, July 02, 2007

The Joy of Giving

Hari minggu kemarin aku habiskan hampir seharian di TMII. Tapi bentar dulu bukan untuk berlibur. Aku kerja sosial menjadi LO bagi anak-anak panti asuhan, berkunjung ke museum air tawar dan museum serangga. Kebetulan lagi ada acara pelantikan pengurus Rotary Indonesia, dan mereka sekaligus bikin bakti sosial.

Hmmm kalo dipikir kurang kerjaan banget sih. Pagi-pagi harus udah berangkat ke TMII, terus siang hari berpanas ria ngurusin anak-anak kecil yang ribet, dan susah diatur. tapi aku justru menemukan kebahagiaan dan kepuasan di sana. Padahal hari libur kan seharusnya bisa bangun siang, istirahat, dan bersenang-senang.

Rasa capek sepertinya sirna begitu saja, saat melihat mereka riang gembira. Mereka yang kurang beruntung dibandingkan aku. Aku lahir dari keluarga "normal", sementara mereka harus tinggal di panti asuhan. Berbagi segalanya dengan banyak teman lainnya, termasuk kasih sayang. Belum lagi soal identitas dan harga diri, alangkah malangnya nasib mereka.

Aku merasa sangat terharu, melihat seorang bocah perempuan yang selalu gak mau lepas dari tangan aku. Dia pokoknya sibuk menggandeng tanganku, dan mencari perhatian. Aku pikir ini sangat wajar, karena selama ini ia kehilangan banyak figur. Mereka haus perhatian, dan kasih sayang.

Aku pulang dengan hati berbunga-bunga. Dan memulai hari ini dengan perasaan bahagia. Karena aku tahu, aku telah memberikan sesuatu. Memang tidak banyak, hanya sekedar tenaga untuk bantu-bantu. Tapi melihat orang lain bahagia, adalah kebahagiaan terbesar dalam hidupku..


Jakarta, 020707
Saatnya Lunch Time...

No comments: