Sunday, July 24, 2005

Memasarkan Diri...

Setelah lama bergelut dengan banyak hal, dan bergaul dengan banyak hal. Aku menemukan satu hal yang lumayan menyedihkan. Orang-orang Indonesia bukannya tidak hebat, tapi tidak pandai untuk mengetahui potensinya sendiri, lalu menjual potensi yang dimiliki.
Aku juga nggak terlalu ngerti apa sebenarnya yang terjadi? Tapi mungkin beberapa hal yang menjadi penyebabnya. Pertama, ada kekangan budaya ketimuran yang menganggap membicarakan kehebatan diri sendiri adalah tabu.
Ya tabu sih tabu, tapi harus liat situasinya. Bila memang tak selayaknya misalnya dalam obrolan sesama teman ya mungkin tabu. Tapi bila anda sedang inteview kerja atau beasiswa atau apapun di mana pihak lain ingin tahu apa yang bisa Anda tawarkan, apakah harus tetap diam seribu bahasa? Lalu memohon pada Tuhan agar mereka bisa tahu dengan sendirinya kelebihan kita?
Yang kedua, jarang dari kita belajar untuk mengenal diri sendiri. Ehmmm sorry to say, kita lebih pandai untuk menggosip tentang kejelekan orang lain. Dibanding merenung untuk mengetahui siapa diri kita, apa potensi dan kelemahan yang ada?
Ketiga, semenjak kecil sebagian besar orang tapi tidak semua nanti aku bisa kena semprot neh... tidak mendidik anaknya punya rasa pede, orang tua lebih mengumbar kritikan dan sangat pelit untuk urusan pujian. Jadi sejak kecil telah terkonstruksi dalam diri anaknya bahwa memang mereka tak memiliki potensi apapun.
Tapi..., ini bukan saatnya untuk saling menuding siapa dan siap. Cobalah memulai dari diri sendiri. Coba gali dan temukan apa yang menjadi potensi diri. Lalu jadilah pemasar yang gigih akan potensi itu. Dan Anda akan jadi pemenang.... Itu pasti....


Yogyakarta, 240705

No comments: