Friday, July 29, 2005

Tuhu, Dari Mana Asalnya?

Pertanyaan ini banyak sekali muncul, dan ditanyakan orang pada aku. Kalau hanya satu dua, maka tidak akan masalah. Tapi hampir semua orang akan menanyakan. Bila dulu di Bandung, orang bertanya maka tak akan heranlah aku. Tapi saat di Yogya, banyak orang yang bertanya?
Mereka pikir nama saya adalah nama orang Timor atau ambon atau apapun. Yah... tak bisa disalahkan memang kulit aku yang hitam mendukung persepsi akan hala itu. Tapi bukan masalah itu yang membuat aku merasa sedih. So what giytu loh dengan Timor atau ambon????
Soalnya jelas Tuhu diambil dari bahasa Jawa, bagian dari bahasa Jawa kuno, yang memang tak sering lagi digunakan. Tapi apakah sebegitu parahnyakah? Orang Jawa sendiri bahkan tak mengenal siapa dirinya? Mereka mungkin lebih fasih berbahasa Inggris atau bahasa asing lainnya.
Jadi miris aja dengarnya, ah..... tarik napas dulu ah..... dalam-dalam untuk turut berbela sungkawa.

No comments: