Sunday, July 24, 2005

Satu Langkah Kecil Mengubah Banyak Hal

Kadang saat membaca testimonial yang dikirim oleh teman-teman terbersit sedikit rasa bangga dan senang. Karena beberapa dari mereka merasa terinspirasi dengan apa yang telah aku lakukan atau apa yang aku katakan. Mereka menjadi lebih optimis, termotivasi untuk lebih maju.
Oh... tak ada yang lebih indah daripada membuat orang lain menghargai dirinya, dan mereka termotivasi untuk maju. Walau jujur, aku merasa tak berbuat banyak untuk mereka. Aku hanya mengatakan apa yang sudah berulang kali dikatakan bahkan oleh ribuan orang lain. Aku hanya melakukan hal-hal sederhana yang sangat bisa dilakukan oleh orang lain.
Rasanya hidup menjadi sangat menyenangkan karenanya. Aku merasa kesuksesan yang pernah aku alami tak kunikmati sendirian. Semua perjalanan yang tak mudah menuju sukses ternyata mempengaruhi orang lain. Dan memotivasi mereka menuju kesuksesan ala mereka sendiri.
Aku jadi teringat dengan sebuah kalimat bijak, kemenangan menuju garis finish bersama-sama dengan orang lain akan terasa begitu indah dan nikmat. Di banding kemenangan yang diperoleh dengan mengorbankan sesama. Kemenangan yang hampa dan kosong. Tak ada teman yang akan memberimu selamat, dan berbagi kebahagiaan atas kemenangan itu.
Dua pengalaman ini pernah aku alami, dan memang lebih menyenangkan menang bersama yang lain. Semua kata bijak itu memang tak meleset. Bukan hanya indah untuk didengar......
Semoga saja setiap langkahku ke depan bukan hanya memuaskan hasratku akan arti kata sukses, tapi sekaligus menggandeng semakin banyak orang untuk turut menikmati definisi “sukses”.


Yogyakarta, 230705

No comments: