Sunday, July 24, 2005

Menjadi Reporter

Saat ini aku nyoba untuk menjadi repoter news letter di kampus. Ternyata ada suatu pengalaman menarik, menulis untuk orang lain yang bersifat informatif tak semudah menulis fiksi.
Karena selama ini aku lebih banyak menyelami dunia penulisan fiksi yang telah diarungi lebih dari empat tahun yang lalu.
Diperlukan detil harus ditulis dengan lengkap dan jelas karena mungkin saja orang lain belum mengerti. Pada sisi lain, aku juga menemukan ternyata ada begitu banyak penafsiran dari apa yang tertulis. Oleh karena itu perlu belajar untuk menggunakan bahasa dan kata-kata yang terhindar dari biar persepsi. Ingat aku sedang menulis fakta dan peristiwa, bukan fiksi.
Mengkomunikasikan sebuah pemikiran dan informasi ternyata tak mudah, karena kita perlu berpikir dengan cara pikir orang yang akan membaca tulisan kita. Bukan sekedar asyik demi memuaskan diri sendiri.
Cukup berat memang, karena seorang penulis fiksi terbiasa untuk membebaskan apa pun yang ada dipikirannya dan benak pembaca.
Tapi aku telah memilih menjadi repoter maka tak ada pembelaan untuk ini. Aku harus belajar menempatkan diri di mana aku sedang berada. Tidak mudah memang, tapi mungkin dan harus dilakukan....


Yogyakarta, 230705

No comments: