Friday, July 29, 2005

The Sky Is The Limit....

Hari ini baru saja aku menyelesaikan sebuah buku “4-G Marketing”, buku yang membedah bagaimana kesuksesan Sampoerna sebagai perusahaan keluarga mampu bertahan hingga empat generasi, sekaligus menjadi perusahaan yang sangat kreatif dan inovatif untuk melahirkan merek yang melegenda di benak konsumen.
Namun di samping berbagai pembelajaran tentang marketing, ada sesuatu yang sangat melekat dari kesuksesan sampoerna.
Sampoerna dan para pucuk pimpinannya tak pernah berpikir bahwa mereka telah berada dalam posisi puncak. Mereka selalu berpikir mereka tetaplah nomor dua hingga harus tetap waspada dan mengembangkan diri.
Memang benar, cepat berpuas diri membuat kita kadang lupa. Bahwa yang kita hadapi adalah esok bukan kemarin. Kita menghadapi masa depan, bukan sejarah. Mungkin boleh untuk sejenak kita berpesta untuk merayakan kesuksesan. Tapi pesta itu ada akhirnya, tinggal siapa yang akan menghentikannya. Apakah kita yang memaksa diri sendiri berhenti, untuk menyiapkan pesta besar selanjutnya.
Atau kita terpaksa dicubit oleh keadaan bahwa pesta telah usai, dimana para pesaing telah jauh melampaui, dan yang tertinggal hanyalah penyesalan....

No comments: