Friday, July 29, 2005

Sedikit Penyesalan

Kemarin, sebagai panitia Career Days MM UGM aku melihat presentasi dari para peserta tes seleksi Sampoerna. Presentasi selalu mengingatkanku pada Debating Club yang pernah aku ikuti. Walau itu hanya sebentar dan tak banyak prestasi yang aku toreh di sana. Ternyata begitu banyak pengalaman yang dapat aku petik.
Antara lain pengalaman soal mempertahankan pendapat, konsistensi, meyakinkan orang lain, berpikir cepat. Sayang aku tak cukup tahan dengan persaingan dan kecurangan yang ada di sana.
Lalu kini aku bertanya-tanya mengapa aku tidak lebih bersabar, dan sedikit tebal muka dengan berbagai sindiran dan banyak kekecewaan itu. Toh walaupun aku tak akan dikirim kemana pun paling tidak aku lebih piawai dalam hal presentasi. Di mana itu akan menjadi modal besar saat memasuki dunia kerja.
Tapi semuanya telah berlalu, tak ada yang perlu disesali. Walau sedikit, pelajaran itu sangat berharga bagi kehidupanku. Satu lagi pelajaran yang dapat ditarik. Kadang kita perlu sedikit bersabar akan sesuatu yang memuakkan siapa tahu ternyata itu memberikan pelajaran berharag di masa mendatang....

No comments: