Thursday, December 08, 2005

Asia Yang Simbolis

Seminggu yang lalu adalah liburan kuliah, yang menyenangkan sekaligus memusingkan, karena tak tahu apa yang harus dilakukan. Dan saat itulah aku punya kesempatan buat nonton tv.

Dan apa yang aku tonton kebanyakan adalah serial drama Korea. Lalu teringatlah sesuatu yang dari dulu ingin kutulis. Karya-karya film atau serial televisi Asia kalo dicermati dengan detil maka akan ditemukan kesamaan, yang membedakannya dengan karya Hollywood.

Dimananya??? Coba perhatikan karya besutan orang Asia baik itu Jepang, India atau Kore maka gaya pengambilan gambarnya banyak yang lamban, close up ke wajah para pemerannya, dan banyak adegan yang sangat khas Asia. Citarasanya sangat berbeda dengan gaya Hollywood.

Pesan yang disampaikan pun lebih simbolis. Biasanya melalui suatu benda tertentu, pesan itu disampaikan. Sementara Hollywood biasanya lebih lugas, dan tak bertele-tele.

Inilah yang membuat aku lebih menyukai serial drama Asia, bukan karena karya Hollywood tidak bagus. Bukan juga menyangkut sentimen anti Amerika. Ini masalah kedekatan budaya. Kesamaan cara berpikir, dan melihat sesuatu.

Karena tak bisa dipungkiri film ataupun drama memotret kondisi sosial masyarakat di sekitarnya. Tempat dimana karya itu dibangun, dan diwujudkan. Simbolisme yang implisit, kesan sendu, dan nuansa kebersamaan seakan merupakan bagian dari kehidupan yang sangat dekat.

Dengan menonton serial drama itu, aku seperti sedang mendalami diriku sendiri. Bukan sedang berimajinasi tentang sesuatu yang asing, sebuah pola pikir dan konflik yang tak bisa kubayangkan. Apakah Anda berpikiran sama???


Yogyakarta, 051205

No comments: