Friday, March 24, 2006

Rujak Es Krim

Di dekat kos ada seorang penjual rujak yang sangat laris. Padahal tempatnya teramat biasa, berjualan di pinggir jalan. Namun pembelinya luar biasa banyak. Aku sendiri belum pernah coba, tapi seorang teman yang pernah mencoba sangat merekomendasikannya. Hmmm jadi penasaran juga pengin coba.

Lalu apa yang menarik dari penjual rujak ini??? Ya benar sekali INOVASI. Kalau dia hanya menjual rujak biasa saja, aku yakin jualannya gak akan seheboh ini. Tapi hanya dengan sebuah tambahan es krim, membawa sensasi beda bagi para pembelinya.

Pertama, orang yang berlalu-lalang dan melihat tulisan rujak es krim akan penasaran kayak apa sih rasanya, rujak kok pake es krim. Sensasi kedua, ini yang lebih heboh. Orang yang sudah mencoba akan bercerita kepada teman-temannya kalo tadi baru saja makan rujak es krim.

Tentunya cerita itu akan sedikit dilebih-lebihkan, sehingga orang yang denger ceritanya akan tertarik. Maka Sang Teman pun akan penasaran ikut coba, dan berulanglah siklus tersebut, menyebabkan efek bola salju yang luar biasa.

Lalu siapa yang akan paling diuntungkan??? Tentu saja Sang Penjual Rujak, dia tak perlu banyak promo, sudah ada orang lain yang akan mempromosikan produknya. Lalu mengapa kita terkadang lupa melakukan inovasi. Berpikir pelanggan tetap akan loyal dengan produk yang itu-itu saja.

Ada beberapa yang lain mengatakan, wah capek dong mas kalo harus inovasi terus. Nah pertanyaannya akan dibalik, mau survive atau tidak??? Kalo mau survive ya harus inovasi terus-menerus.

Bila puas dengan sekali inovasi, seperti kasus rujak es krim tadi. Ya pastinya akan mudah ditiru oleh pesaing, begitu tahu hal itu laris manis. Oleh karena itu tetaplah menjadi pemimpin agar tetap menjadi yang terbaik.

Karena dimana-mana pemimpin mendapat yang terbaik, pemimpin selalu dapat tempat khusus, baik di hati pelanggan atau pengikutnya. Bangsa ini terlalu banyak punya pengikut, maka kita perlu belajar menjadi seorang pemimpin.


Yogyakarta, 240306

No comments: