Thursday, November 29, 2007

Cewek Selera Bule dan Pemasar...

Semuanya berawal, saat aku dan seorang teman, berpapasan di eskalator sebuah mall dengan seorang bule bersama teman ceweknya. Temanku menggelengkan kepala, merasa heran dengan cewek yang dipilih Si Bule. "Tipe kayak gitu banyak Mas di kampung".

Semua orang Indonesia mungkin juga akan berpikir hal serupa. Cewek selera bule selalu diidentikkan dengan wajah kampungan yang tidak dianggap cantik untuk standar Indonesia. Lalu apa hubungannya dengan pemasar?

Menurut aku, ini adalah contoh paling ideal bagaimana seorang pemasar harus mengenali selera pelanggannya, bukan selera dia sebagai pemasar. Karena konsumen terkadang punya persepsi, dan standar yang berbeda dengan kita sebagai pemasar.

Oleh karena itu mengapa pemasar perlu melakukan riset, tentang apa sih yang sebenarnya dibutuhkan oleh konsumen potensialnya. Jangan sampe kejadian orang Bule dikasih cewek "cantik" berwajah Indo, yang menurut mereka jelas gak menarik.

Jadi aku agak kawatir bila seorang pemasar, membuat konsep atau meluncurkan produk berdasarkan mood dan seleranya, bukan fokus pada apa yang diinginkan konsumennya. Entahlah, aku sendiri masih sangat hijau di dunia pemasaran...


Jakarta, 291107
Awali Hari dengan Semangattt

No comments: