Wednesday, November 14, 2007

Toko Online di Indonesia, Efektif kah????

Pertanyaan ini tiba-tiba muncul dibenakku, saat beberapa hari yang lalu aku browsing di internet untuk cari info soal harga HP. Jadi kepikiran, alangkah malangnya mereka seandainya semua konsumen seperti aku. Cari informasi dan harga di ineternet, belinya di outlet dunia "nyata".

Dan aku pikir pasti banyak sekali konsumen Indonesia yang seperti aku. Alasannya, pertama tidak banyak orang yang punya akses ke internet. Kedua, orang Indonesia masih belum terlalu percaya dengan keamanan berbelanja di internet. Ketiga, orang Indonesia tidak terbiasa melakukan pembelian secara individual, mereka sangat butuh nasehat dan penilaian orang lain.

Keempat, tidak banyak konsumen Indonesia yang begitu sibuknya sehingga harus membeli via online. Kelima, orang Indonesia lebih ingin mempertontonkan pada orang lain saat dia menenteng produk yang dibeli. Karena itu memberikan kepuasan tersendiri.

Keenam, bagi orang Indonesia berbelanja itu merupakan bagian dari rekreasi. Untuk yang satu ini, aku ingat masa kecil di Sorong yang gak banyak hiburan, tiap hari Minggu kita sekeluarga pergi ke pasar tradisional untuk beli sayuran dan segala kebutuhan lainnya, sekaligus rekreasi.

Saat ini setelah pindah ke Solo, tentunya berbelanja tetap bagian dari ritual rekreasi tapi tempatnya berpindah ke mall. Maknya jangan heran bila di Indonesia, pengusaha berlomba-lomba membuat mall.

Jakarta, 141107
Malam yang Dingin...

No comments: