Tuesday, November 06, 2007

Generasi Muda Baca Koran Tempo...

Kali ini aku tertarik menulis soal Koran Tempo. Jujur saja aku adalah pelanggan loyal Koran Tempo, dibandingkan Kompas. Pertama, aku suka dengan gaya bahasanya. Kedua, karena bentuknya yang ringkas. Ketiga, topik yang diangkat pas banget dengan seleraku. Sesuatu yang gak biasa, sesuatu yang keren ajah menurut aku. Misalnya rubrik hari minggu, mengangkat rubrik profesi-profesi yang langka, dan unik khas urban.

Namun aku sekarang tertarik untuk membahas lebih mendalam dari sisi pemasaran. Koran Tempo sangat cerdas, dan konsisten membidik kaum intelektual muda terutama mahasiswa perkotaan. Ini bisa dilihat dari rubrikasinya yang banyak memuat info seputar kegiatan mahasiswa, dan suara mahasiswa. Info kegiatan kampus juga banyak ditemukan disini.

Dari strategi distribusi, aku juga ingat. Saat aku kuliah dulu, Koran Tempo di kampus-kampus dijual dengan harga khusus Rp. 1000,00. Jauh dari harga yang tertera, yang pada saat itu Rp. 2.300,00. Sebagai mahasiswa yang duitnya terbatas, kehadiran koran dengan harga yang murah tentunya gak akan ditolak dong???

Hal lainnya, Koran Tempo selalu menjadi yang terdepan dalam hal inovasi. Misalnya, dari segi desain dan ukuran sudah beberapa kali mengalami perubahan. Hal ini kan sangat mencerminkan jiwa muda, yang selalu menginginkan perubahan, dan anti kemapanan. Dan kita tentunya menjadi saksi bagaimana koran sebesar Kompas tergopoh-gopoh untuk mengubah gaya bahasa, desain, dan ukurannya menjadi lebih kecil.

Ini berarti, Koran Tempo berhasil dipersepsikan sebagai korannya generasi muda, sehingga Kompas merasa perlu berbenah biar tidak dianggap koran yang tua dan membosankan.

Strategi menyasar mahasiswa menurut aku ide yang cerdik. Ini memang strategi jangka panjang, karena diharapkan para mahasiswa ini nantinya akan loyal dengan Koran Tempo walaupun bukan lagi berstatus mahasiswa. Alasan kedua, mahasiswalah yang mempunyai budaya membaca yang lebih dominan dibandingkan kelompok lainnya.

Hanya tinggal menunggu momentum, hingga Koran Tempo akan menjadi pesaing terkuat Kompas. Seperti halnya Yamaha, yang mampu menyalip Honda sebagai produsen motor terbesar di Indonesia.


Jakarta, 061107
Menjelang Sore...

No comments: