Thursday, November 15, 2007

Jaman Boleh Beda, Tapi Kita Tetap Doyan Rumpi...

Aku lupa dari mana sumbernya, berdasarkan sebuah hasil penelitian tentang penggunaan internet di Indonesia, situs paling populer di Indonesia adalah kaskus, diikuti oleh friendster.

Ini seperti mengingatkan kembali diskusi seru di kelas Consumer Behaviour Analysis, sewaktu kuliah di MM UGM. Waktu itu aku bilang, jaman boleh berganti, teknologi mungkin makin canggih. Tapi sifat dasar orang Indonesia yang doyan bersosialisasi tidak mengalami perubahan yang mendasar.

Perubahan hanya terjadi pada medianya. Kalo jaman dulu orang Indonesia, hobi ngumpul di beranda atau pos kampling. Di beberapa daerah lain, warung kopi adalah tempat untuk berkumpul, misalnya di Aceh.

Lalu kemudian, masyarakat perkotaan yang lebih modern mulai mengenal mall dan kafe. Maka tempat-tempat tersebut menjadi arena bersosialisasi berikutnya. Nah jaman yang semakin maju, dan orang-orang yang makin sibuk ternyata tidak mengubah perilaku secara mendasar.
Kedatangan internet menjadikannya sebagai media baru untuk sosialisasi. Warung kopi siskampling, atau kafe, berubah wujud menjadi kapling-kapling forum diskusi untuk menyalurkan hasrat rumpi.

Makanya tidak heran bila kaskus yang merupakan forum diskusi yang membahas segala hal, dan juga friendster yang merupakan ajang pamer dan sosialisasi, sangat populer di Indonesia. Ini sangat berbeda dengan konsumen Barat yang lebih individualis, mereka menggunakan internet untuk mencari informasi untuk berbagai keperluan.


Jakarta, 151107
Lagi tugas di luar kantor...

No comments: