Tuesday, November 27, 2007

Pahlawan Baru Bernama Andrea Hirata...

Hari Minggu (251107), aku datang di acara diskusi buku Laskar Pelangi yang ditulis Andrea Hirata di Toko Buku Gramedia Matraman. Hmmm, ternyata sambutan dan antusias penggemar buku ini luarrrr biasa, ruangan yang besar dan megah itu pun terasa sempit. Karena semua penggemar Laskar Pelangi tumpah ruah. Mungkin sekitar 300-500 orang hadir di sana.

Hal ini tentunya sangat membanggakan, dibalik keprihatinan dan kegundahan kita bahwa minat membaca Bangsa ini yang sangat rendah. Dan yang lebih menggembirakan lagi, para penggemarnya ternyata sangat beragam. Dari anak-anak SD, hingga orang tua. Dari kelas menengah bawah, hingga kelas atas.

Bisa dibilang buku ini memang sensasional. Aku membacanya jauh sebelum buku ini meledak seperti sekarang. Aku telah membaca bukunya sekitar setahun yang lalu. Saat pertama kali buku itu muncul di toko buku. Aku membaca ringkasan cerita di sampul belakang, lalu menangis terharu karena cara bertuturnya yang menyentuh. Dan aku memtusukan buku ini wajib dibeli.

Dan tak kusangka, buku ini menuai histeria yang begitu luarr biasa dari pecinta buku di Indonesia. Buku ini mungkin datang di saat yang pas. Ketika masyarakat dilanda keputusasaan menjalani kehidupan yang serba semrawut dan susah... Andrea hadir dengan memoarnya, melawan berbagai keterbatasan untuk mengejar cita-cita. Dan akhirnya ia mencapai pucak kesuksesan, dan ini membangkitkan inspirasi bagi orang-orang yang ingin sesukses Andrea.

Salut buat Andrea, dengan posisinya sekarang yang punya banyak pengagum. Dia tetaplah seorang pribadi yang rendah hati, dan menganggap dirinya hanyalah orang udik. Aku pikir ini adalah nilai jual yang sangat penting untuk personal branding.

Konsumen Indonesia selalu mengidolakan orang-orang yang rendah hati. Apalagi ia adalah seorang David yang tertindas, yang mampu mengalahkan Goliath. Sebuah epik yang bukan hanya disukai oleh pembaca, tapi juga media karena punya nilai jual yang tinggi.


Jakarta, 271107
In The Mornin Light...

No comments: