Wednesday, February 06, 2008

Consumer Insight Via Internet

Internet, satu kata yang telah banyak membawa perubahan dalam perilaku manusia dalam berbagai aspek, termasuk bagaimana konsumen menyuarakan pendapatnya. Era internet membuat perusahaan tidak bisa lagi meredam berita negatif mengenai perusahaan atau produk mereka. Karena dengan adanya blog, forum, mailing list, web 2.0 yang interaktif, semua orang bisa menyuarakan pendapatnya.

Namun di sisi lain, ada sisi positifnya juga. Para pemasar akan lebih mudah mengintip benak konsumennya. Mereka bisa bergabung di forum-forum, ikut dalam milis-milis, lalu juga blog walking untuk mengetahui apa sih sebenarnya yang diinginkan oleh konsumen, dan bagaimana persepsi konsumen tentang produk mereka.

Karena di sanalah konsumen yang mempunyai minat yang sama berkumpul, dan saling bertukar pandangan. Namun sayangnya, beberapa pemasar yang konservatif masih menganggap kehadiran forum, mailing list, dsb, sebagai sebuah momok yang menakutkan, karena mereka takut nanti isinya keluhan semua. Dan bisa-bisa kena damprat dari bos.

Tapi bukankah lebih bagus, bila kita segera mengetahui keluhan dari konsumen. Keluhan yang terdeteksi di awal akan lebih mudah ditangani. Bayangkan bila keluhan itu hanya beredar di seputaran konsumen, dan tidak segera terendus pemasar.

Keadaan baru terendus setelah konsumen lari ke pesaing, dan tentunya ini akan lebih sulit untuk ditanggulangi. Oleh karena itu, pemasar harusnya lebih terbuka, dan berpikir positif atas setiap perkembangan yang terjadi. Kehadiran internet bisa jadi mimpi buruk, atau peluang, tergantung bagaimana menyikapinya.

Jakarta, 060108
Hari yang Mendung...

No comments: